Tenaga Kerja Lokal Jadi Prioritas di Pabrik Smelter Sangasanga, Sebut Saparuddin

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 20 Sep 2023 12:00 WITA
Tenaga Kerja Lokal Jadi Prioritas di Pabrik Smelter Sangasanga, Sebut Saparuddin Ketua Komisi III DPRD Kukar, Saparuddin Pabonglean

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Perusahaan pabrik smelter nikel di Kelurahan Pendingin, Kecamatan Sangasanga diharapkan bisa prioritas mengakomudir tenaga kerja lokal, hal tersebut disebutkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kukar, Saparuddin Pabonglean.

Kehadiran pabrik smelter nikel yang membutuhkan ribuan tenaga kerja, menurut Saparuddin, perusahaan tersebut harus bisa memberikan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah kutai kartanegara.

“Seluruh tenaga kerja lokal perlu menjadi prioritas, tentu sesuai dengan kemampuan mereka. Kalau perlu, diberikan pembekalan dan pelatihan terlebih dahulu,” kata Saparuddin, Rabu (20/9/2023).

Selain itu, perusahaan juga harus menghargai budaya dan kearifan lokal. Termasuk pemberdayaan masyarakat sekitar sehingga dampak pembangunan tersebut membawa dampak yang positif bagi masyarakat.

“Kami beraharap Jangan sampai ada pihak yang dirugikan, sehingga semuanya bisa berjalan lancar dan aman” sambung Saparuddin.

Untuk menjamin keterlibatan tenaga kerja lokal, Kutai Kartanegara telah memiliki regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindungan tenaga kerja lokal maupun pengusaha lokal.

Dengan adanya Perda tersebut, memfasilitasi perusahaan dan calon tenaga kerja untuk menyamakan visi dan persepsi. Sehingga di lapangan nantinya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. (Adv/dprdkukar)

 


Tinggalkan Komentar