Hartono: Minta Pusat Optimalkan Pelabuhan di PPU, Sebagai Transit Logistik Pembangunan IKN

Usman | Kamis, 24 Jun 2021 12:00 WITA
Hartono: Minta Pusat Optimalkan Pelabuhan di PPU, Sebagai Transit Logistik Pembangunan IKN Wakil Ketua DPRD PPU Hartono Basuki angkat suara, ia bakal berusaha menekan pemerintah pusat agar mengoptimalkan pelabuhan yang ada di wilayah PPU.

gerakanaktualnews.com, PENAJAM- Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur tepatnya di di sebagian wilayah PPU, hal ini Peran pelabuhan sangat menjadi vital sebagai transit logistik pembangunan IKN.

Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRD PPU Hartono Basuki angkat suara. Ia bakal berusaha menekan pemerintah pusat agar mengoptimalkan pelabuhan yang ada di wilayah PPU.

“Kita akan upayakan supaya pelabuhan di Penajam Paser Utara (PPU) bisa dimanfaatkan. Jangan justru nanti di Balikpapan saja,” kata politisi PDI-P ini.

Menurut Hartono, jika transit logistik kebutuhan pembangunan IKN menggunakan pelabuhan di Balikpapan, masyarakat PPU tak akan mendapat manfaat dari multi player effect. Padahal, lokasi pembangunan ada di wilayah PPU.

Memang, diakui Hartono masih ada kekurangan yang dimiliki pelabuhan-pelabuhan di Benuo Taka. Namun dia berharap ini juga jadi atensi pemerintah pusat. Supaya ada alokasi anggaran peningkatan fasilitas di pelabuhan PPU.

“Secara internal tentu pemerintah daerah akan bersiap. Tapi tetap saja kita kan perlu dukungan pusat untuk membangun,” ungkap dia.

Salah satu yang sedang dipersiapkan, lanjut Hartono adalah pengelolaan Pelabuhan Benuo Taka yang rencananya diserahkan ke Perusda.

“Dengan dikelola Perusda, cakupan kerjasama dengan pihak ketiga diharapkan bisa lebih terbuka. Dan diharapkan bisa lebih meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).” pungkasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar