Uji KIR Belum Maksimal Di Samarinda, Sebut Guntur

Muhammad Rusli | Kamis, 27 Apr 2023 12:00 WITA
Uji KIR Belum Maksimal Di Samarinda, Sebut Guntur -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menyikapi penerapan Uji Kir di Kota Tepian dengan terus berkoordinas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda.

Namun Dishub telah mewajibkan seluruh pemilik kendaraan berbobot besar untuk melakukan uji KIR sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya.

Guntur Anggota Komisi III DPRD Samarinda, menilai saat ini masih banyak kekurangan atau belum maksimal dalam penerapan KIR di Samarinda.

"Kesadaran para pengusaha angkutan juga terkadang itu sendiri yang tidak jujur, sehingga data yang disampaikan kepada Dishub itu tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang ada," ungkap Guntur, kemarin.

Tentunya ini menjadi kekhawatiran kami di DPRD karena tidak adanya kesesuaian spesifikasi kelayakan dan dapat berakibat fatal di jalan raya yang bisa menimbulkan korban nyawa.

"Contohnya seperti kecelakaan kontainer yang berhenti di Gunung Manggah beberapa waktu lalu," sambungnya.

Lanjut kemudian bahwa uji KIR menjadi pekerjaan rumah bagi Dishub sebagai upaya untuk mengetahui kendaraan yang layak atau tidak untuk beroperasi. (adv/dprdsmd)


Tinggalkan Komentar