Disdikbud Kaltim Bagikan 483 Unit HP Tablet, Upaya Mudahkan Penerapan Aplikasi Srikandi di Sekolah

Wahyu Retno | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Disdikbud Kaltim Bagikan 483 Unit HP Tablet, Upaya Mudahkan Penerapan Aplikasi Srikandi di Sekolah Penyerahan 483 Unit HP Tablet di Satuan Pendidikan Kalimantan Timur

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) merupakan sebuah aplikasi umum di bidang kearsipan yang dibuat oleh pemerintah sebagai upaya mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis pada sistem elektronik.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Yekti Utami mengatakan bahwa aplikasi ini akan diterapkan pada seluruh satuan pendidikan di Kaltim. Khususnya pada jenjang SMA, SMK, hingga Sekolah Luar Biasa (SLB).

Ia mengungkapkan dari sebanyak 243 sekolah, masing-masing satuan pendidikan telah menerima dua unit tablet, sehingga untuk total keseluruhan ada sekitar 486 unit tablet telah dibagikan.

"Melihat geografis di Kaltim, penggunaan aplikasi ini sangat tepat dan memudahkan dalam persuratan dan pengarsipan," jelas Yekti.

Ia juga menyebut bahwa aplikasi Srikandi telah diterapkan lebih awal di lingkungan Disdikbud Kaltim pada 2023. Sebab, selain untuk sisi percepatan pelayanan administrasi surat menyurat, Srikandi juga dapat mengefisiensikan alokasi anggaran untuk belanja kertas.

Sehingga Disdikbud Kaltim berharap agar aplikasi ini dapat mempermudah proses persuratan dan pengarsipan. "Aplikasi Srikandi ini sudah diterapkan terlebih dahulu di lingkungan Disdikbud Kaltim sejak awal tahun 2023," pungkasnya. (Adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar