Pengawasan Jajanan Anak di Sekolah Diperketat, Sebut Kadisdikbud Kaltim

Wahyu Retno | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Pengawasan Jajanan Anak di Sekolah Diperketat, Sebut Kadisdikbud Kaltim Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Kurniawan

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Kurniawan mengimbau kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan memperketat pengawasan kualitas jajanan anak di sekolah.
Hal tersebut untuk menjamin kesehatan makanan dan minuman sebelum dikonsumsi peserta didik, sehingga diperlukan pengawasan terhadap jajanan yang akan dikomsumsi. 

“Saya mengajak guru dan kepala sekolah di Kaltim untuk bersama-sama memeriksa kualitas makanan yang dijual di kantin sekolah. Ini sangat relevan dengan kesehatan gizi peserta didik,” ungkap Kurniawan.

Ia mengatakan makanan yang mengandung zat berbahaya berpotensi merugikan anak didik. Sebab rentan terhadap makanan yang tidak terjamin kebersihannya.

“Jaga terus kualitas kebersihan di masing-masing sekolah. Ini adalah langkah awal untuk melindungi anak-anak di sekolah dari makanan berisiko,” ujarnya.
Kurniawan juga berpesan agar para peserta didik di Kaltim lebih memperhatikan kebersihan, serta berwaspada terhadap makanan yang akan dikonsumsi.

“Setidaknya, selalu cuci tangan sebelum makan pastikan makanan tidak berbau atau berjamur, dan pastikan makanan yang mereka konsumsi aman dan layak,” sarannya.

Dokter Ahli Gizi Samarinda, Inrawati turut mengingatkan bahaya dan risiko jika peserta didik tidak mempertimbangkan makanan yang akan dikonsumsi. 

“Termasuk keracunan, infeksi saluran cerna, gangguan gizi, gangguan ginjal, dan berbagai penyakit lainnya," tutupnya singkat.(adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar