Akan di Sosialisasikan, SD di Kukar Segera Menerapkan PTMT

Muhammad Akbar | Selasa, 24 Nov 2020 12:00 WITA
Akan di Sosialisasikan, SD di Kukar Segera Menerapkan PTMT Disdik Kukar, rencananya akan segera melakukan sosialisasi dalam waktu dekat ini, kepada seluruh Kepala di Kukar untuk menerapkan PTMT diwilayah zona hijau, kuning, jika memungkinkan di zona ungu juga.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid PD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Kukar) Tulus Sutopo mengatakan telah mempersiapkan pembelajaran tatap muka terbatas sebelum ada kebijakan Kemendikbud RI beberapa waktu lalu.

"Di Kukar khususnya di Sekolah Dasar (SD) sudah mempersiapkan sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan pedomannya sudah kita siapkan," kata Tulus Sutopo, pada hari Selasa (24/11/2020).

Disdik Kukar, rencananya akan segera melakukan sosialisasi dalam waktu dekat ini, kepada seluruh Kepala di Kukar untuk menerapkan PTMT diwilayah zona hijau, kuning, jika memungkinkan di zona ungu juga. 

"Kalimat terbatas ini ada 2 strategi yang akan diterapkan dilapangan yakni double shift masuk pagi- sore dan bergantian," kata Tulus.

Dalam PTMT, pihaknya akan menyesuaikan dengan protokol Covid-19 salah satu ketentuannya yakni didalam satu ruangan tidak boleh lebih dari 20 murid, dengan jarak 1 meter bahkan lebih."Jika itu kita terapkan maka secara otomatis akan menerapkan double shift," tambahnya. 

Kemudian, sistem bergantian itu seperti kelas 1,2 dan 3 masuk hari Senin sampai Rabu dan 4,5 dan 6 hari Kamis-Sabtu.

Hal ini dilakukan supaya ruangan cukup dan jaga jarak bisa diterapkan, dalam penerapannya nanti, sebut dia orang tua murid memiliki peranan dan tanggung jawab yang besar, oleh karena itu jika tidak mengizinkan anaknya belajar secara tatap muka maka pihak sekolah tidak bisa memaksa dan mewajibkan.

"Maka pihak sekolah lah yang akan belajar kunjung atau guru kunjung bagi yang tidak setuju dengan PTMT" pungkasnya.  (adv)


Tinggalkan Komentar