Aksi World Cleanup Day 2023 Gelar di Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 03 Okt 2023 12:00 WITA
Aksi World Cleanup Day 2023 Gelar di Kukar Foto Bersama Aksi World Cleanup Day di Gedung Putri Karang Melenu (PKM)

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Aksi World Cleanup Day 2023, di gelar pemerintah kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) di halaman parkir Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Jumat lalu.  


Dalam kegiatan aksi tersebut, di hadiri Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, dan perwakilan Organisasi perangkap Daerah (OPD) terkait serta seluruh lapisan masyarakat. 


World Cleanup Day adalah suatu gerakan yang mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih serentak di seluruh dunia. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan. serta mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat. 


Aksi WCD melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD), komunitas, stakeholder terkait, anak-anak sekolah dan masyarakat. Agenda ini dilaksanakan dari bawah jembatan Mahakam Tenggarong sampai Pelabuhan Aji Imbut Tenggarong Seberang.  


Kepala DLHK, Alfian Noor mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemda bersama stakeholder terkait, anak sekolah dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menggalakan dan melestarikan budaya hidup sehat dan bersih.  


"World Cleanup Day WCD merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi komunitas WCD Indonesia dengan melakukan kegiatan bersih-bersih memungut sampah, tentunya gerakan ini didasari oleh rasa kepedulian terhadap lingkungan yang semakin banyak sampah. Sehingga diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk melakukan gerakan serupa di lingkungan masing-masing,” jelasnya. 


“Gerakan bersih-bersih merupakan bukti nyata untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah, oleh karena itu atas nama pemda mengucapkan apresiasi dan dukungan penuh terhadap seluruh lapisan masyarakat yang sudah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan ini,” sambungnya.  


Alfian Noor juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kukar untuk lebih peduli terhadap sampah rumah tangga yang dihasilkan dengan cara pilah sampah mulai dari rumah sesuai dengan jenisnya. Dengan memilah sampah mulai dari rumah akan lebih mudah pengelolaan selanjutnya, yang muaranya akan mengurangi sampah secara signifikan.  


Ketua panitia, Irawan mengatakan, melalui momentum WCD 2023 dan dengan semangat persatuan, komunitas dari berbagai latar belakang dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat. Aksi WCD dilakukan bersama saat ini diharapkan tidak hanya peringatan saja, tetapi perlu lakukan setiap hari dan mulai dari diri sendiri.  


"Melalui momentum ini kita terus mengajak, menggalakan dan mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu kita melibatkan stakeholder terkait khususnya anak-anak sekolah agar edukasi yang ditanamkan mulai sejak dini dapat diaplikasikan dengan baik dalam kehidupan sehari hari,” ucapnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar