Bupati Edi Damansyah Berpesan Jelang Penyesuaian Tarif Layanan Air Bersih di Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 13 Okt 2023 12:00 WITA
Bupati Edi Damansyah Berpesan Jelang Penyesuaian Tarif Layanan Air Bersih di Kukar Acara Pengukuhan Forum Pelanggan dan Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air Minum 2023, Dihadiri Oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah

gerakanaktualnews.com, Tenggarong- Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah memberi pesan kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mahakam menjelang penyesuaian tarif layanan. 

Ia ingin, Perumda Tirta Mahakam memperbaiki kualitas produksi layanan air bersih serta mensosialisasikan penyesuaian tarif kepada masyarakat agar berjalan seimbang.  

Hal ini disampaikan Bupati Edi Damansyah saat hadir dalam acara Pengukuhan Forum Pelanggan dan Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air Minum 2023. 

"Kenaikan tarif memang harus dilakukan demi keberlangsungan produksi. Semoga fungsi forum pelanggan ini berjalan baik," ujarnya, Kamis (12/10/2023). 

Bupati Edi Damsyah, menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pun sangat berhati-hati dalam mempertimbangkan pengajuan penyesuaian tarif layanan. Namun demikian, penyesuaian tarif layanan dasar ini harus dilakukan demi menjaga eksistensi keberlangsungan Perumda Tirta Mahakam.

”Kalau bicara tarif, kita juga bicara kualitas pelayanan. Dua hal yang tak terpisahkan. Kalau layanannya bagus, meski tarif naik tidak akan bermasalah, namun itu berlaku sebaliknya," ungkap Edi. 

"Jadi, Perumda Tirta Mahakam harus banyak membenahi pelayanan. Termasuk berbenah agar air yang diterima pelanggan tidak keruh," sambungnya. 

Menurut Edi Damansyah, penyesuaian tarif yang diminta secara bertahap pun belum bisa menutup biaya operasional Perumda Tirta Mahakam dari tahun ke tahun. 

Seperti yang diketahui, Perumda Tirta Mahakam bukan hanya mengejar profit atau keuntungan. Perusahaan umum daerah ini juga menjalankan fungsi sosial yang besar. 

"Sekarang biaya produksi semakin besar, sehingga biaya yang ada tidak menutupi. Itu yang harus dipahami bersama agar forum pelanggan bisa memberikan pengertian kepada masyarakat," ucapnya. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pun akan terus berusaha dalam meningkatan kualitas layanan air bersih. Hal tersebut dilakukan dengan berkolaborasi antara pemerintah dan swasta untuk memperbaiki kualitas layanan air bersih yang dihasilkan Perumda Tirta Mahakam.

Melalui program Kukar Idaman, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mulai membangun infrastruktur Pamsimas pada titik lokasi yang sulit dijangkau.

"Tuntutan layanan air bersih masyarakat Kukar sangat tinggi. Kita harus optimis layanan air bersih ini akan bisa diatasi dengan kerja bersama yang telah kita lakukan," ungkap Bupati Edi Damansyah.

Dalam perjalanannya, Perumda Tirta Mahakam memang masih banyak memiliki sejumlah kelemahan dalam beroperasional. Salah satunya ialah, ada beberapa titik lokasi tertentu yang belum bisa terjangkau layanan air bersih. Sehingga, layanan yang dirasakan oleh masyarakat belum maksimal. 

Kondisi ini pun mendapat perhatian khusus dari Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah. Menurutnya, kendala ini harus disikapi secara terperinci agar berjalan maksimal.

Dengan terbentuknya Forum Pelanggan, Bupati Edi Damansyah pun ingin Perumda Tirta Mahakam meningkatkan pelayanan, baik segi kapasitas dan kualitas pelayanan air minum.

"Saya minta forum ini tidak hanya memberikan informasi berkaitan dengan tarif. Namun forum ini harus bisa menyampaikan kondisi Perumda Tirta Mahakam kepada para pelanggan lain," tandasnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar