Pemberdayaan Dasawisma Desa Sumberjaya Bekasi, di Kunjungi TP PKK Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 08 Mar 2024 12:00 WITA
Pemberdayaan Dasawisma Desa Sumberjaya Bekasi, di Kunjungi TP PKK Kukar Pembinaan TP PKK Kukar dan Bekasi

gerakanaktualnews.com, Tenggarong / Bekasi – Dasawisma sebagai Ujung Tombak PKK adalah upaya untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dasawisma merupakan elemen terkecil dalam struktur PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang memiliki peran penting dalam merumuskan, merencanakan, dan melaksanakan program-program PKK di tingkat desa.

Guna memantapkan keterampilan Dasawisma, TP PKK Kukar yang diketuai Maslianawati Edi Damansyah melihat langsung seperti apa pembinaan yang dilakukan di Desa Sumberjaya Kabupaten Bekasi, yang disambut oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bekasi Ria Sabaria Dani Ramdan, di RT 005 RW 014 Desa Sumberjaya Kabupaten Bekasi, kemarin lalu.

Tidak hanya kelompok dasawisma, Desa Sumberjaya juga memiliki program Kampung Sega (Sentra Edukasi Keluarga) yang telah berhasil menjalankan 10 program pokok PKK dengan baik. Adapun Sentra Edukasi Keluarga tersebut juga terintegrasi dengan Rumah Dilan (Rumah Pendidikan dan Keterampilan), sehingga banyak inovasi yang telah dilakukan dan prestasi yang telah diraih baik di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Datang ke RT 005 RW 014 rombongan langsung melihat kerajinan apa saja yang dibuat oleh kelompok dasawisma. Dari pembuatan berbagai kerajinan tangan yang dibuat oleh kelompok dasawisma Desa Sumberjaya sudah banyak dipasarkan, seperti tikar, tas, tempat tisu, dll. Yang semuanya berasal dari bungkus plastik kopi daur ulang dari bank sampah setiap RT dimana setiap pengumpulannya dibeli dari warga.

“Ini sebuah hasil karya yang menarik untuk kita pelajari dan dalami sehingga bisa kita tiru nantinya di Kukar, berbagai inovasi dan kreasi banyak sekali kita lihat disini. Selagi masih punya kemauan dan tekad untuk membuat sesuatu yang baru segalanya pasti mungkin kita lakukan untuk perkembangan dan kemajuan dasawisma Kukar,” kata Maslianawati sembari memegang tikar hasil karya dari kelompok dasawisma Desa Sumberjaya.

Ia berharap apa yang sudah dilihat dan dipelajari di setiap kunjungannya semua ilmu bisa diambil dan dibawa untuk dikreasikan di daerah nantinya. “Dari segi seperti apa cara pembinaan kelompok dasawisma setiap RT agar bisa bersaing untuk lebih kreatif dan berinovasi lagi bisa diambil dari Desa Sumberjaya ini, karena mempunyai kader yang inspiratif dengan berbagai cara yang unik untuk terus memberikan semangat bagi setiap anggotanya agar tidak pernah berputus asa dalam mengasah kemampuannya membentuk suatu yang bisa dikreasikan," tuturnya.

Perjalanan TP PKK Kabupaten Kukar berlanjut ke Gedung Juang Tambun, yang terdapat sebuah situs sejarah yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan melihat hasil karya seni khas Bekasi di Dekrasnada tepat berada disamping Gedung Juang Tambun. (adv/Kominfokukar)


Tinggalkan Komentar