Wabup Harap Pelaku UMKM di Sangasanga Lebih Kreatif

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 02 Mei 2024 12:00 WITA
Wabup Harap Pelaku UMKM di Sangasanga Lebih Kreatif Kunjungan Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin ke Kecamatan Sangasanga

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Dorong perekonomian para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Kukar terus melakukan berbagai cara agar para UMKM bisa terus meningkatkan usahanya, salah satunya adalah memberikan bantuan kepada para kelompok UMKM di kecamatan.

Dalam kesempatannya berkunjung Ke Kecamatan Sangasanga, Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin melakukan diskusi dengan para pelaku UMKM, di Aula Kelurahan Sarijaya Kecamatan Sangasanga, Rabu kemarin.

Wabup Rendi mengajak agar para pelaku UMKM bisa lebih kreatif lagi dalam mengolah dagangannya. Hal tersebut agar produk olahannya bisa dikenal bukan hanya di kalangan masyarakat sekitar saja namun diluar daerah.

“Seperti contohnya di Tenggarong Seberang, mereka mempunyai kue khasnya sendiri yaitu jajak keroncong dan itu sudah mulai banyak dikenal oleh khalayak ramai," sebutnya.

Disebutkan Rendi, setiap kecamatan di Kukar mempunyai ciri khasnya tersendiri, ada yang dikenal dengan hasil perikanannya, pertaniannya dan lain sebagainya. Dengan adanya produk khas yang dihasilkan tersebut, masyarakat UMKM agar bisa mengolahnya menjadi bahan makanan yang mempunyai ciri khas daerahnya sendiri.

“Daerah penghasil ikan misalnya bisa mengolah makanannya berbahan ikan yang diolah secara baik, seperti amplang, kerupuk dan makanan lainnya. Ini harus diolah sebaik mungkin agar bisa menarik mempunyai nilai jual," katanya.

Ke Depan Ia ingin para pelaku UMKM bisa mempunyai inovasi agar bisa berkembang lebih maju untuk memudahkan pemasaran produk UMKMnya.

Dijelaskan Rendi, bantuan kredit Kukar Idaman siap membantu para pelaku UMKM yang masih kekurangan modal dalam membuka usaha. Dimana kredit Kukar Idaman sendiri tidak memberikan bunga pinjaman dan tanpa adaya agunan, serta syaratnya pun mudah melalui Bankaltimtara.

“Semoga semua pelaku UMKM yang baru memulai usahanya maupun yang sudah berjalan usahanya diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan usahanya. Sehingga perekonomian bisa lebih meningkat dan bisa berangkat Umroh”,tutupnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar