Maslianawati Dikukuhkan Sebagai Ketua Pembina Posyandu

Muhammad Akbar | Kamis, 25 Apr 2024 12:00 WITA
Maslianawati Dikukuhkan Sebagai Ketua Pembina Posyandu Pengukuhan Ketua Pembina Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) tingkat Kabupaten/Kota se-Kaltim

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim Yulia Zubir Akmal, mengukuhkan Ketua Pembina Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) tingkat Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, salah satunya Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah, di Hotel Bintang Sintuk Kota Bontang, pada Rabu kemarin.

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 400.5.1-3707 tahun 2023 mengenai pembinaan dan sinergi Posyandu. Pengukuhan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Rakor TP PKK Katim Tahun 2024 yang diselenggarakan di Kota Bontang.

Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan yang melibatkan masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu, bayi dan balita.

“Melalui 6 standar pelayanan yang meliputi pendidikan, kesehatan, perumahan, pekerjaan umum, ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat, saya harapkan pelayanan ini dapat diperhatikan dengan seksama,” kata Pj. Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir Akmal, usai pengukuhan.

Dikatakannya Posyandu juga berperan dalam gerakan untuk meningkatkan reproduksi keluarga sejahtera, ketahanan keluarga dan ekonomi keluarga.

“Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi stunting pada anak balita di Provinsi Kaltim sebesar 22,9%, yang meskipun menurun dari tahun sebelumnya, masih di atas rata-rata nasional,” ucap Yulia.

Dengan target penurunan stunting di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2024 sebesar 12,83%, tantangannya adalah menurunkan angka tersebut sebesar 10,07%.

“Semua akan tercapai dengan memerlukan kerja keras dan sinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk mengatasi masalah stunting yang bersifat multifaktor,” tuturnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Kukar Maslianawati Edi Damansyah mengatakan dalam wawancaranya, TP PKK Kabupaten Kukar akan terus berupaya melakukan pembinaan posyandu di setiap kecamatan di Kukar, memperhatikan segala upaya yang dilakukan para TP PKK ditingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Semua ini perlu kerjasama yang baik dari tingkat Kabupaten hingga ke desa agar terselenggaranya dan berjalannya semua program PKK termasuk dalam pembinaan posyandu, dimana kita sekarang lagi gencar-gencarnya untuk menurunkan stunting di daerah kita ini. Semoga yang menjadi harapan besar kita bersama bisa terwujud dan semua tak lepas dari kerjasama semua pihak untuk mewujudkannya," pungkasnya. (Adv/Prokomkukar).


Tinggalkan Komentar