DPRD Balikpapan Sepakat Dengan Penerapan Rapid Test Antigen, di Bandara dan Pelabuhan

Usman | Sabtu, 02 Jan 2021 12:00 WITA
DPRD Balikpapan Sepakat Dengan Penerapan Rapid Test Antigen, di Bandara dan Pelabuhan Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle.

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan sepakat dengan pemberlakukan rapid test antigen untuk pendatang dari luar daerah. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle.

“Dari hasil rapat kami setuju diterapkan rapid test antigen terhadap pendatang dari luar, atau swab test PCR. Karena Gubernur Kaltim juga memperketat protokol kesehatan,” ujar Sabaruddin, Sabtu (02/01/2020).

Namun untuk lebih idealnya pemeriksaan bagi pendatang, cukup dengan menggunakan rapid test antigen ketimbang menggunakan swab PCR itu menggunakan waktu yang lama.

“Kami setuju dengan penggunaan rapid test antigen, dan kalau bisa segera diberlakukan secepatnya, apalagi sekarang kan? Kasus Covid 19 masih meninggi ,” ujar Sabaruddin.

Lanjut dia juga meminta agar penerapan kebijakan tersebut, tidak hanya berlaku bagi pendatang melalui jalur udara. Namun perlu juga dilakukan bagi pendatang yang lewat jalur laut.

“Kami berharap kepada Pemerintah untuk penerapan rapid test antigen dapat diberlalkukan untuk jalur pendatang lewat udara dan laut, mengingat kedua jalur tersebut merupakan pintu utama masuknya pendatang,” harapnya.

Lanjut kemudian Sabaruddin, kapal laut sekali sandar di Pelabuhan Semayang menurunkan penumpang 500-800 orang. Sehingga hal itu sangat menghawatirkan ketika tidak diterapkan pencegahan melalui rapid test antigen. (adv)


Tinggalkan Komentar