Komisi III DPRD Balikpapan Sidak Pelayanan Uji Kir UPT-PKB Batakan

Usman | Rabu, 19 Mei 2021 12:00 WITA
Komisi III DPRD Balikpapan Sidak Pelayanan Uji Kir UPT-PKB Batakan Melakukan sidak di pelayanan uji kir kendaraan roda empat di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT-PKB) Batakan.

gerakanaktualnews.com, Balikpapan - Komisi III DPRD Kota Balikpapan, melakukan sidak di pelayanan uji kir kendaraan roda empat di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT-PKB) Batakan. Selasa (18/5/2021).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Ali Munsjir Halim mengatakan, kini pelayanan Uji Kir di UPT- PKB Batakan, lebih cepat setelah menggunakan peralatan yang lebih modern komputerisasi.

“Rata-rata satu mobil itu, kalau tidak antri 15 menit sampai dengan terima kartu, sudah sangat luar biasa majunya. Kalau dulu bisa sampai dua hari. Jadi kami menilai progresnya bagus, ” uajr Ali Musnjir disela-sela sidak.

Meskipun kata dia, jumlah kendaraan yang Uji Kir menurun dratis belakangan ini. Karena dari sebelumnya rata-rata 35 ribu dalam setahun, kini hanya 25 ribu. Sehingga berimbas pada pendapatan.

“Apakah banyak kendaraan bermutasi. Sekarang menurun, apakah mungkin karena covid-19 atau gimana,” ujarnya.

Kendati pendapatan menurun, namun masih bisa mencapai target. “Tapi prinsipnya masih dalam angka yang ditoleransi dari sisi penerimaan, artinya masih bisa menutupi anggaran yang kita targetkan dari penerimaan,” katanya. 

Mantan Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan itu menuturkan, dari hasil bincang-bincang dengan masyarakat yang melakukan Uji Kir, rata-rata senang karena pelayanan cepat. 

Dalam sidak itu, para wakil rakyat tersebut, ingin melihat langsung sejumlah peralatan baru. Karena setiap tahun ada alokasi anggaran yang diberikan melalui Dinas Perhubungan (Disub) Kota Balikpapan.

“Kita itu ingin melihat, karena setiap tahun itu ada anggaran baik dari sisi penerimaan dan pengeluaran. Mereka melaporkan setiap tahunan, bahwa ada alat yang sudah bagus system komputerisasi, beda dengan dulu manual,”tukasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar