Pekerjaan Fisik Normal Ditengah Pandemi Covid-19, Makan Minum dan Perjalanan Dinas Alami Penurunan

Usman | Senin, 25 Jan 2021 12:00 WITA
Pekerjaan Fisik Normal Ditengah Pandemi Covid-19, Makan Minum dan Perjalanan Dinas Alami Penurunan Sekretaris Komisi III DPRD Kota Balikpapan Ali Munsjir Halim.

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN - Komisi III DPRD Kota Balikpapan menanggapi positif kegiatan fisik yang dilakukan OPD, yang masih bisa berjalan normal, meskipun dalam kondisi Covid-19 masih belum redah.

Diketahui bahwa sebagian juga ada yang realisasikan kegiatan hanya mencapai 69 persen, dikarenakan kondisi covid -19, sepertinya belanja makan dan minum serta perjalanan dinas.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Komisi III DPRD Kota Balikpapan Ali Munsjir Halim, pada saat pertemuan diruang Komisi III dengan Bagian Pembangunan Pemerintah Kota Balikpapan, Senin (25/1/20210.

“Anggaran belanja barang dan jasa yang tidak terealisasi, seperti belanja makan dan minum tidak diadakan, karena rapatnya dilakukan secara virtual. Dan hal itu bisa dijadikan sebagai silpa,”ungkap Ali Munsjir Halim, Sekretaris Komisi III DPRD Balikpapan.

Lanjut kemudian Ali Munsjir, bahwa untuk anggaran perjalanan dinas, sebagian juga tidak terpakai, karena situasi pandemi Covid -19, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.

“Sedangkan untuk pembiyaan pembangunan mencapai 99,1 persen, masih berjalan normal. Namun dirundung wabah pandemi covid-19,”ucapnya.

Pembangunan 2020 itu diketahui Komisi III dari hasil rapat bersama dengan bagian pembangunan kota Balikpapan. Dan juga melalui mekanisme monitoring terhadap pembangunan fisik. 

“Mereka melakukan monitoring pembangunan fisik dan non fisik namanya Siperangko. Hasil monitoring 2020 diketahui bahwa pengeluaran pembiayaan hasil monitoring 99,1persn. Cukup bagus. Penerimaan pembiyaan itu 100 persen. Sama dengan yang disampaikan Bappeda Litbang dan PU,” ujarnya.

Siperangko ini merupakan aplikasi yang dibuat bagian pembangunan untuk masing-masing OPD mengisi kegiatan fisik yang telah dilakukan selama tahun berjalan. (adv)


Tinggalkan Komentar