DPRD Kaltim Gencar Koordinasi dengan OPD untuk Peningkatan Serapan Anggaran

Wahyu Retno | Senin, 30 Okt 2023 12:00 WITA
DPRD Kaltim Gencar Koordinasi dengan OPD untuk Peningkatan Serapan Anggaran Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji mengungkapkan, bahwa pihaknya akan segera mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki serapan anggaran rendah. Hal ini dilakukan untuk memastikan efisiensi dan penggunaan anggaran yang maksimal di wilayah tersebut.

"Kemungkinan beberapa hari lagi kami akan melakukan rapat koordinasi. Dua minggu yang lalu sebelum kita melakukan reses, ada rapat koordinasi pimpinan dengan Penjabat Gubernur menyoroti OPD yang dikenakan rapor merah dan kami tentu mengawasinya," ujarnya.

Seno menyebutkan, OPD yang menjadi perhatian utama adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Ia berharap bahwa OPD ini akan meningkatkan kinerjanya dan serapan anggarannya agar tidak tertinggal.

"Kami lihat beberapa hari lagi. Semoga mereka bisa memperbaiki serapan anggarannya," tambah Seno.

Kemudian, ia membeberkan, berdasarkan koordinasi dengan beberapa OPD di lingkup wilayah Kaltim, serapan anggaran yang rendah disebabkan oleh pekerjaan yang belum selesai dalan proses pembayaran.

"Kontrak sudah dilakukan, kontraktor sudah melaksanakan pekerjaan tapi pembayarannya belum tuntas," pungkasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk segera membayar pekerjaan yang sudah tuntas, sehingga tidak ada penumpukan anggaran di akhir tahun.

Lebih lanjut, Seno berharap dalam waktu dekat serapan anggaran OPD dapat meningkat dan tidak ada lagi OPD yang mendapatkan peringkat "rapor merah".

"Saya yakin OPD bisa bekerja lebih baik dan lebih cepat. BPKAD sudah setuju untuk membantu mereka dalam hal pembayaran. Semoga dalan waktu dekat ini semuanya berjalan baik," tutupnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar