Komisi IV DPRD Kaltim Lakukan Kunjungan ke PT KFI Smelter Sangasanga Usai Insiden Kebakaran

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Komisi IV DPRD Kaltim Lakukan Kunjungan ke PT KFI Smelter Sangasanga Usai Insiden Kebakaran Kunjungan Komisi IV DPRD Kaltim ke PT Kalimantan Ferro Industri (KFI), Sangasanga


gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) lakukan kunjungan ke PT Kalimantan Ferro Industri (KFI), perusahaan smelter nikel di Desa Pendingin, Kecamagan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Selasa kemarin.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi, mengungkapkan bahwa, kunjungan ini masih terkait dengan insiden kebakaran kebakaran yang memakan korban sejumlah tenaga kerja asing. Kunjungan ini juga menggaet rombongan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim.

Reza menegaskan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan unsur utama dalam setiap pekerjaan lapangan yang memiliki tingkag resiko tinggi, termasuk terkait dengan insiden kebakafan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ia juga mengajukan permintaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk bisa meningkatkan pembinaan K3.

"Kami meminta peningkatan pembinaan K3 terus dilakukan ke perusahaan-perusahaan, khususnya KFI ini. Karena perusahaan ini memiliki skala yang besar dan investasinya cukup signifikan bagi Kaltim," ujar Reza.

Lebih jauh, Reza mengatakan, setiap perusahaan telah berupaya untuk meminimalisir insiden dan kecelakaan kerja yang tidak diinginkan. Namun, terkadang insiden yang tidak diharapkan dapat terjadi. Oleh karena itu, upaya mitigasi potensi risiko sangat penting.

Ia menyatakan bahwa KFI terus berusaha meningkatkan K3 di perusahaannya, meskipun masih dalam tahap uji coba.

"Harapan kita ke depannya jangan sampai terulang lagi. Maka dari itu nanti kita akan lakukan pembinaan," jelasnya.

Politisi Partai Gerindra inj berharap agar upaya pembinaan yang diminya kepada Disnakertrans Kaltim akan memberikan dampak positif pada seluruh perusahaan dalam menjaga keselamatan para tenaga kerja. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar