Komisi IV DPRD Kaltim Minta Pemprov Perhatikan Sekolah Inklusi di Kaltim

Wahyu Retno | Jumat, 10 Nov 2023 12:00 WITA
Komisi IV DPRD Kaltim Minta Pemprov Perhatikan Sekolah Inklusi di Kaltim Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk berikan perhatian serius terhadap sekolah inklusi. Hal ini, kata Puji, perlu dilaksanakan untuk mendorong perkembangan sekolah inklusi yang ada di Kaltim.  

“Sebab, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) harus mendapatkan akses pendidikan yang baik. Sekolah inklusi ini harus diperkuat, baik dari segi sarana prasarana maupun penyediaan alat bagi anak-anak yang membutuhkan di dalam sekolah itu," ujarnya.

Puji mengaku bahwa pihaknya siap untuk melakukan pengawasan dan mendukung pengembangan sekolah inklusi di Kaltim. Secara umum, ia menjelaskan, sekolah inklusi merupakan sekolah yang menerima dan memberikan pelayanan pendidikan untuk ABK, seperti autis, cacat fisik, tuli dan lain sebagainya. Namun, kegiatan belajar-mengajar (KBM) juga dilaksanakan bersama anak-anak secara umum.

Ia menilai, membawa anak-anak berkebutuhan khusus ke sekolah inklusi memerlukan usaha ekstra. Untuk itu, akses yang lebih mudah akan sangat membantu.

"Anak-anak ini kan tidak bisa menunda pendidikan mereka karena pendidikan ini hari ini, besok  itu sudah berbeda," tambahnya.

Lebih lanjut, Puji mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menyambangi sekolah-sekolah inklusi di Samarinda untuk berkomunikasi terkait kebutuhan yang diperlukan. Ia berharap, agar DPRD dan Pemprov Kaltim berupaya untuk mendorong peningkatan jumlah sekolah inklusi, termasuk di daerah terpencil. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar