Kunjungan Kerja DPRD Kutai Timur Terkait Raperda Pengarusutamaan Gender Diterima Positif oleh DPRD Kaltim

Wahyu Retno | Selasa, 14 Nov 2023 12:00 WITA
Kunjungan Kerja DPRD Kutai Timur Terkait Raperda Pengarusutamaan Gender Diterima Positif oleh DPRD Kaltim Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub Sambut Kunker Anggota DPRD Kutim

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rusman Ya'qub bersama Tim Ahli Isal Wardhana, Analis Kebijakan Muda Azhari, dan Pranata Humas Ahli Muda Sekretariat DPRD Kaltim Vidi Gatot Setiadi, menyambut kunjungan kerja Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD Kutim tentang Pengarusutamaan Gender.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Gedung D Lantai 3 Kantor DPRD Kaltim pada Senin (13/23). DPRD Kutim menyampaikan tujuan kunjungan mereka, yaitu untuk mendapatkan masukan dan saran dari DPRD Kaltim dalam penyusunan Raperda tentang Pengarusutamaan Gender.

Dalam kesempatan tersebut, Rusman Yaqub menjelaskan bahwa Pengarusutamaan Gender (PUG) memiliki dinamika yang berkembang dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Ia menekankan pentingnya PUG sebagai bagian dari strategi perencanaan pembangunan nasional, daerah, dan kabupaten/kota.

Rusman juga menyampaikan bahwa Perda Pengarusutamaan Gender tidak bersifat hirarkial dan berlaku di semua tingkatan pemerintahan. 

"Kalau mau bicara dari sisi pembangunan daerah, justru letak esensialnya itu ada di kabupaten/kota. Karena yang memiliki rakyat yang di wilayahi itu ada di kabupaten/kota," jelasnya.

"Saya malah mau mendorong ke teman-teman kabupaten/kota untuk lebih rinci dan teknis, meskipun nanti ada Peraturan Bupati untuk implementasinya," tambah Rusman.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Pansus Raperda Pengarusutamaan Gender DPRD Kutim, Muhammad Amin, menyoroti kesetaraan pada ketenagakerjaan di Kutai Timur yang belum terpenuhi. Ia berharap Perda yang tengah disusun segera disahkan untuk memastikan kesetaraan di lingkungan tersebut.

Dalam rangka penambah referensi, DPRD Kutim menyampaikan terima kasih atas kesempatan untuk berkonsultasi. Plt Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutim, Sulastin, juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Kesempatan ditutup dengan penyerahan plakat dari DPRD Kaltim kepada DPRD Kutim sebagai bentuk apresiasi atas kunjungan kerja ini. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar