Nidya Listiyono Dorong Pemprov Maksimalkan Potensi Aset di Sepanjang Sungai Mahakam untuk PAD

Wahyu Retno | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Nidya Listiyono Dorong Pemprov Maksimalkan Potensi Aset di Sepanjang Sungai Mahakam untuk PAD Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Potensi besar dari aset yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya yang berlokasi di sepanjang Sungai Mahakam, telah menarik perhatian Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim.

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono, menyoroti pentingnya memaksimalkan potensi ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sungai Mahakam, yang merupakan jalur vital untuk transportasi dan aktivitas ekonomi di Kaltim, memiliki potensi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Aset-aset Pemprov Kaltim di sepanjang sungai ini mencakup lahan, bangunan, dan infrastuktur penting lainnya.

"Kemudian ada aset-aset Pemprov yang ada di sepanjang Sungai Mahakam yang kemudian bisa diinventarisasi dan bisa dimaksimalkan yang bisa digunakan oleh Perusda kita," tutur Tio.

Tio memdorong Perusda untuk dapat turun tangan  untuk menanggulangi, terutama yang ada di sepanjang Sungai Mahakam.

"Apakah nantinya akan disewakan untuk penambatan kapal atau sebagainya. Itu, kan, potensial sekali untuk PAD kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Tio meminta Pemprov untuk fokus mencari PAD atau sumber-sumber pendapatan baru. Dalam hal ini, pihaknya selaku Komisi II berupaya mendorong hal tersebut secara masif.

"Karena tugas kita hari ini adalah mencari PAD atau sumber-sumber pendapatan baru yang hari ini masih belum dimaksimalkan," tambah Tio. 

Disinggung mengenai lapangan bola Voorvo yang sempat disegel oleh Pemerintah Kota (Pemkot), Tio menuturkan, agar Pemprov mengkomunikasikannya bersama dengan Pemkot. Sebab, diketahui bahwa lahan tersebut juga aset milik Pemprov.

"Silakan dikomunikasi dengan baik, karena kan ini aset pemerintah yang memang kita perlukan untuk kesejahteraan masyarakat. Kalau ada PAD kan juga untuk masyarakat," tutupnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar