Reza Minta Perusahaan di Kaltim Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Reza Minta Perusahaan di Kaltim Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Anggota DPRD Kaltim Akhmed Reza Pahlevi, menyoroti peran penting tenaga kerja lokal dan pengawasan ketat terhadap tenaga kerja asing di Benua Etam. Ketua Komisi IV ini menggarisbawahi urgensi keterlibatan pekerja lokal di perusahaan-perusahaan setempat.

Politisi Gerindra ini berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan di Kaltim harus memberikan peluang yang lebih besar kepada tenaga kerja lokal. Tujuannya, memajukan ekonomi daerah dan memberikan kesempatan kepada warga setempat.

"Keterlibatan pekerja lokal harus ada di banyak perusahaan di Kaltim. Seperti PT. Aksa di Samboja dan PT. Koboxindo di Kutai Timur," ungkapnya di Gedung DPRD Kaltim, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Reza menekankan pentingnya pengawasan ketat terhadap tenaga kerja asing yang bekerja di Kaltim. Hal ini mencakup perizinannya, mekanisme kerjanya, dan aspek hukum imigrasi lainnya. Ia memastikan bahwa pematuhan aturan ini harus ditegakkan dengan ketat untuk memastikan bahwa tenaga kerja asing beroperasi sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

"Kami juga meminta kepada pemerintah provinsi Kalimantan Timur untuk dilakukan pengetatan pengawasan tenaga kerja asing," ujarnya.

Keprihatinan lain yang disampaikan Reza adalah terkait upah minimum yang tidak sesuai dan masalah kesehatan para pekerja. Ia mendesak pemerintah provinsi dan dinas terkait untuk bekerja sama secara sinergis guna mengatasi masalah ini.

“Kami ingin melihat sinergi antara pemerintah daerah daerah dan pusat untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja ini,” tambahnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar