Sambut IKN Nusantara, Samsun Harapkan Masyarakat Turut Andil Laksanakan Pembangunan

Wahyu Retno | Selasa, 24 Okt 2023 12:00 WITA
Sambut IKN Nusantara, Samsun Harapkan Masyarakat Turut Andil Laksanakan Pembangunan Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Wakil DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun memberikan pandangannya soal pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.

Hal ini disampaikannya pada awak media usai Rapat Paripurna Ke-32 DPRD Kaltim beberapa waktu lalu.

Samsun menjelaskan, jika Kaltim mengarah pada bidang pertanian, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus memfokuskan dan mempersiapkannya dari sekarang. Misalnya, irigasi, infrastruktur penunjang dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh para petani.

Untuk menghindari konflik sosial adanya IKN Nusantara dan masyarakat provinsi lain, warga lokal diminta untuk turut andil dalam melaksanakan pembangunan ke depannya.

"Nanti jika sudah banyak orang datang ke Kaltim, ke IKN Nusantara, baru kita teriak-teriak. Orang lokal tidak dilibatkan dan sebagainya, padahal kita yang tidak melibatkan diri," singgungnya.

Samsun mengingatkan, mulai dari pemerintahan dan masyarakat, semuanya harus menyiapkan diri untuk menyongsong kedatangan IKN Nusantara. 

Banyaknya penduduk yang akan masuk ke wilayah IKN Nusantara, harus cepat direspon dan mulai dikerjakan oleh pemerintah. 

Tentu dalam konteks ini, Kaltim harus siap menerima tamu-tamu yang akan datang dan melihat pembangunan. Untuk itu Samsun menegaskan sumber daya manusia (SDM) di Kaltim harus ditingkatkan.

"Jangan sampai kita kalah bersaing, SDM kita harus ditingkatkan," tegasnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar