Sutomo Jabir Dorong Pemprov Optimalisasi Program Beasiswa

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Sutomo Jabir Dorong Pemprov Optimalisasi Program Beasiswa Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir


gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk memastikan distribusi beasiswa tidak hanya tepat sasaran dan tepat guna, tetapi juga merata di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Kaltim.

Hal ini, sebut Sutomo, menjadi keluhan warga Desa Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan yang menghadapi kesulitan dalam menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi.

"Masyarakat yang kurang mampu berharap agar Pemprov bisa memberikan beasiswa kepada anak-anak mereka yang telah lulus SMA agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ungkapnya.

Sutomo meminta kepada Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik yang belum lama dilantik, untuk tetap mempertahankan program beasiswa dan bahkan ditingkatkan jumlah nilai dan kuotanya.

Tujuannya adalah agar semakin banyak generasi muda Kaltim dapat merasakan manfaat dari program beasiswa ini.

Lebih lanjut, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga meminta Pemprov untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan program beasiswa, termasuk penentuan kuota di setiap Kabupaten/Kota, proses pendaftaran dan seleksi penerima beasiswa.

Menurut Sutomo, program beasiswa seharusnya memberikan prioritas kepada mereka yang berprestasi dan memiliki keterbatasan ekonomi, sehingga setiap individu memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan.

"Pemerintah Kabupaten/Kota juga sudah semestinya mengalokasikan anggaran yang memadai untuk beasiswa. Terlebih, 20 persen APBD, kan memang idealnya untuk pendidikan," tandasnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar