Komisi IV Dukungan Program Pertanian Berbasis Kawasan di Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 10 Nov 2023 12:00 WITA
Komisi IV Dukungan Program Pertanian Berbasis Kawasan di Kukar Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar), Kamarur Zaman

Tenggarong - Program Pertanian Berbasis Kawasan mendapat dukungan penuh dari Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar), Kamarur Zaman.

Program pemerintah daerah ini juga telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 1 Tahun 2022. Pemkab Kukar terus fokus dengan komitmennya untuk menjalankan program pengembangan sektor pertanian dalam arti luas.

Program yang mengacu pada program prioritas pemerintah ini dilaksanakan untuk dapat mewujudkan Kabupaten Kukar menjadi lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

"Tentu kami dari dewan sangat mendukung karena pertanian terintegrasi ini nantinya diharapkan secara perlahan bisa menjadi sumber pendapatan daerah jika nantinya sumber daya alam berupa galian tambang dan migas sudah perlahan menipis," kata Kamarur Zaman. 

Ia mengaku bentuk dukungan dewan untuk pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan ini melalui tiga fungsi kedewanan, yakni legislasi, pengawasan dan anggaran. "Kami siap menyepakati anggaran yang sifatnya untuk percepatan peningkatan sarana prasarana pertanian dan pengadaan alsintan atau pun pengawasan dalam hal penggunaannya yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat petani Kukar,” sebutnya. 

“Karena terintegrasi jadi pertanian ini juga akan memberikan nilai lebih pada sektor perikanan, perkebunan, peternakan hingga industri terbarukan yang mengedepankan kelestarian lingkungan," timpalnya. (Adv/dprdkukar).


Tinggalkan Komentar