Program KKI Bagi Petani dan Nelayan, Mendapat Apresiasi Ketua DPRD Kukar 

Amril Ibnu Marzuki | Senin, 06 Nov 2023 12:00 WITA
Program KKI Bagi Petani dan Nelayan, Mendapat Apresiasi Ketua DPRD Kukar  Program Kredit Kukar Idaman (KKI) Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan,

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan Program Kredit Kukar Idaman (KKI) yang dikhususkan bagi petani, nelayan dan pembudi daya ikan, belum lama ini.

Peluncuran itu dilakukan bersama dengan Bankaltimtara, dalam pelaksanaan program ini, Pemkab Kukar bekerja sama dengan OJK Provinsi Kaltim, TPAKD Kukar dan didukung JAMKRIDA Kaltim. 

Menanggapi soal program ini, Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid memberikan apresiasinya dan menyambut baik atas kehadiran program tersebut. Ini juga merupakan lanjutan dari program KKI bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah diluncurkan pada 2021. 

Rasid berharap, program ini bisa dimanfaatkan sebenar-benarnya oleh para petani, nelayan dan pembudi daya ikan di Kukar. Dia ingin, masyarakat tidak lagi terjerat dengan rentenir untuk masalah permodalan usaha.

Politikus Golkar ini juga berharap, program ini bisa menjadi solusi untuk mengembangkan pertanian dan usaha perikanan. 

"Kalau kredit ini bisa dimanfaatkan dengan benar tentu akan bermanfaat sekali. Ini juga perlu pengawasan yang ketat oleh pihak Bankaltimtara dalam menyalurkan kredit," tuturnya. 

Rasid meminta pihak terkait untuk melaksanakan pembinaan intens kepada mereka yang mendapatkan bantuan ini. Supaya masyarakat juga merasa bertanggung jawab dan memiliki pemikiran untuk mengembangkan usahanya.

“Bukan hanya mendapat kredit kemudian membelikan hal-hal yang tidak bermanfaat yang justru berujung menjadi masalah bagi mereka," tegasnya. (Adv/dprdkukar)


Tinggalkan Komentar