Kerja batas waktu, pansus LKPj melaju cepat

Usman | Jumat, 09 Apr 2021 12:00 WITA
Kerja batas waktu, pansus LKPj melaju cepat Ketua Pansus LKPj Tahun Anggaran 2020 Thohiron

gerakanaktualnews.com, PPU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) optimis menyelesaikan pembahasan dan evaluasi laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2020 dengan tepat waktu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) telah menyampaikan LKPj penggunaan anggaran 2020 ke DPRD melalui rapat paripurna yang dilaksanakan pada 30 Maret 2021 lalu.

Hal tersebut DPRD PPU juga telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2020. Pansus diberi batas waktu selama 30 hari untuk menyelesaikan evaluasi LKPj tersebut.

“Kami memiliki waktu satu bulan untuk menyelesaikan pembahasan LKPj. Itu terhitung mulai pemerintah menyampaikan LKPj ke DPRD,” kata Ketua Pansus LKPj Tahun Anggaran 2020, Thohiron, Kamis (8/4/2021).

Menurut Thohiron, sebanyak 10 anggota DPRD yang tergabung dalam Pansus LKPj bekerja secara cepat agar mampu menyelesaikan pembahasan LKPj sesuai dengan batas waktu.

“Kami optimis menyelesaikan selama 30 hari, Kami bekerja cepat,” terang anggota Fraksi PKS ini.

Lanjut kemudian Thohiron menyatakan bahwa Pansus menjadwalkan pembahasan LKPj dengan organisasi perangkat daerah (OPD) agar masing-masing OPD bisa menjelaskan realisasi anggaran tahun lalu dan sekaligus melaporkan Kendala yang dihadapi.

“Setiap hari kami undang satu persatu OPD, untuk kami minta keterangan terkait dengaan realisasi anggaran, penyusunan dan penulisan laporan,” jelasnya.

Hasil pembahasan bersama dengan OPD tersebut, Thohiron menekankan, akan melahirkan rekomendasi yang akan disampaikan ke pemerintah daerah. “Pansus nanti menyampaikan rekomendasi ke pemerintah.

Rekomendasi itu menjadi bahan masukan dalam hal perbaikan pemerintah daerah baik tahun berjalan maupun untuk tahun selanjutnya,” tandasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar