Bupati Kukar Serahkan WC Individual dan Bangunan Bedah Rumah, Upaya Pengentasan Kemiskinan

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 17 Okt 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Serahkan WC Individual dan Bangunan Bedah Rumah, Upaya Pengentasan Kemiskinan Penyerahan Secara Simbolis Rumah yang Menjadi Sasaran Program Bedah Rumah Oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) yang masuk dalam program dedikasi Kukar Idaman, diaplikasikan dalam Rumah Besar Pengentasan Kemiskinan (RBPK) Kukar, dimana program RBPK ini sebagai upaya memudahkan kolaborasi dengan dunia usaha, dalam mempercepat penanganan kemiskinan di Kutai Kartanegara. 

Salah satunya dengan membangun WC individual dan penyerahan secara simbolis rumah yang menjadi sasaran Program Bedah Rumah. Milik warga yang berada di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang. Di Lapangan Voli Desa Embalut, Senin (16/10/2023).

"Dengan adanya bantuan pembangunan WC individual dan serah terima bangunan program bedah rumah ini, bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di (Desa) Embalut. Dengan begitu tingkat kemiskinan di Kukar ini bisa berkurang," ungkap Bupati Kukar, Edi Damansyah. 

Ia berpesan, kepada warga yang menerima bantuan untuk membiasakan diri menggunakan WC individual. Dan tidak lagi menggunakan WC atau jamban yang berada di sepanjang bantaran Sungai Mahakam. Begitu pula dengan penerima bantuan bangunan bedah rumah, agar bisa merawat rumahnya dengan baik dan bisa bermanfaat. 

“Disperkim bersama camat maupun kades agar iventarisir kembali, dilihat dari dokumentasi masih ada yang kurang rampung secara keseluruhan dan mungkin nanti bisa dimasukkan pada tahap berikutnya. Sehingga nanti rumah tersebut masuk dalam rumah layak huni," pinta Edi.

Sembari menyerahkan bantuan WC individual dan bangunan bedah rumah, Edi Damansyah pun menyempatkan diri berbincang kepada setiap warga. Terkait kebiasaan warga untuk Buang Air Besar (BAB) sebelum adanya bantuan WC individual. Dimana salah satu warga menyampaikan masih menumpang ke rumah tetangga, atau menggunakan jamban yang berada di pinggir sungai. 

“Mudahan ini bisa membantu buat para warga yang membutuhkan WC yang selama ini tidak mempunyai wc sendiri dirumah. Dan Pemkab Kukar akan terus berupaya melakukan yang terbaik bagi masyarakatnya agar kemiskinan di Kukar bisa berkurang setiap tahunnya," harapnya.

Sebelumnya, Edi Damansyah beserta rombongan terlebih dahulu meresmikan Jalan Abdullah Sani, Desa Embalut, yang berada tidak jauh dari lokasi. Dilanjutkan dengan serah terima WC individual dan bangunan bedah rumah. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar