Kadisdikbud Kaltim Usulan Pembangunan RKB, SMKN 17 Samarinda Minim Ruang Kelas

Wahyu Retno | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Kadisdikbud Kaltim Usulan Pembangunan RKB, SMKN 17 Samarinda Minim Ruang Kelas Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Sejumlah sekolah di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami kekurangan ruang kelas untuk menampung peserta didik yang tiap tahunnya semakin bertambah. Terutama bagi satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, yakni SMA, SMK, dan Sekolah Luar Biasa (SLB). 

Kurangnya Ruang Kelas Baru (RKB) ini akan berdampak kurang baik terhadap kualitas pendidikan, kenyamanan dan proses belajar mengajar bagi guru, siswa maupun siswi.

Salah satu sekolah yang masih kekurangan RKB adalah SMK Negeri 17 Samarinda di Jalan Kadrie Oening, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu. 

“Kita lihat terlebih dahulu, jadi bukan hanya SMKN 17 Samarinda saja, masih banyak sekolah yang merasakan hal yang sama. Tetapi apakah sekolah ini memang lebih darurat atau benar-benar membutuhkan,” jelas Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan. 

Meski pembangunan RKB di SMKN 17 Samarinda telah diajukan, tapi pihaknya belum dapat memastikan apakah pembangunan tersebut akan dilaksanakan pada 2024 atau 2025.

“Untuk pengajuan pembangunan RKB untuk SMKN 17 telah masuk. Tetapi saya belum bisa memastikan apakah SMKN 17 telah masuk dalam pengadaan RKB 2024 atau 2025 nanti,” jelasnya.

Kendati demikian, saat ini Disdikbud Kaltim tsedang berupaya memenuhi kebutuhan RKB yang pada berbagai satuan pendidikan di Bumi Etam, dengan mempertimbangkan skala prioritas berdasarkan indikator seperti jumlah siswa hingga riwayat pembangunan sekolah. (Adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar