Tim Pengendalian Inflasi Daerah Diminta Sering Turun ke Lapangan, Sebut Akmal Malik

Wahyu Retno | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Tim Pengendalian Inflasi Daerah Diminta Sering Turun ke Lapangan, Sebut Akmal Malik Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik Saat Terjun ke Lapangan Pantau Harga Kebutuhan Barang Pokok di Pasar

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik mengintruksikan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) agar dapat lebih sering turun ke lapangan untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok (Bapok) di pasar.  

Intruksi Akmal Malik ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar seluruh kepala daerah dapat mengendalikan inflasi.

"TPID provinsi maupun kabupaten atau kota harus sering turun ke lapangan untuk mengecek dan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok," ungkap Akmal belum lama ini.

Meski inflasi di Kaltim masih aman terkendali, ia tetap berkomitmen untuk selalu memantau harga bahan-bahan pangan di pasaran agar dapat mengantisipasi terjadinya inflasi.

"Presiden menyampaikan, terus lakukan hal-hal baik agar inflasi di Kaltim bisa dikendalikan dengan baik,” ungkapnya.

Akmal menyatakan akan terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi antar instansi demi menjaga stok dan kelancaran distribusi kebutuhan pokok. 
Sebab, baginya, setiap daerah di Bumi Etam tentu memiliki potensi yang dapat lebih dikembangkan lagi, baik pada sektor pertanian, tanaman pangan maupun peternakan.

Akmal berharap ke depannya Kaltim tidak lagi bergantung kepada pasokan pangan dari luar provinsi lain.

"Dengan pengembangan sentra-sentra pertanian dan hortikultura, ke depan diharapkan kita tidak lagi ketergantungan dengan pasokan komoditi dari luar Kaltim. Tentu ini dapat menurunkan inflasi," pungkasnya. (Adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar