Apresiasi Sejumlah Perusahaan Perkebunan, Bupati Harap Tiga Pilar Pembangunan Berjalan Baik

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 03 Nov 2023 12:00 WITA
Apresiasi Sejumlah Perusahaan Perkebunan, Bupati Harap Tiga Pilar Pembangunan Berjalan Baik Kegiatan Executive Meeting Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dengan Direksi Perusahaan Perkebunan

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Sejumlah Perusahaan Perkebunan yang beroperasi di wilayah Kukar. Menerima Piagam penghargaan dari Bupati Kukar, Edi Damansyah yang diserahkan pada kegiatan Executive Meeting Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dengan Direksi Perusahaan Perkebunan, di Hotel Santika kemarin lalu.

Penghargaan itu terkait Program Pembiayaan Beasiswa bagi Putra/Putri Kukar Berprestasi, Upaya Pengendalian Kebakaran Kebun dan Lahan di Sekitar Areal Perkebunan, Komitmen Kerjasama Pengelolaan Hasil Samping Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit. 

Kemudian, Komitmen Memenuhi Kewajiban Fasilitas Pembangunan Kebun bagi Masyarakat Sekitar serta Kemitraan Usaha Perkebunan Berkelanjutan, yang dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Penilaian Usaha Perkebunan PT. Real Kaltim Plantations 2022.

Edi mengatakan, bahwa komitmen Pemkab Kukar untuk menjaga dan mengawal investasi yang ada di Kabupaten Kukar khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit. Dan juga komitmen Pemkab Kukar mewujudkan pemerintahan yang baik di Kabupaten Kukar. 

Salah satu ciri pembangunan yang baik ada tiga pilar yaitu Pemerintahan Bersama dengan Masyarakat, Pemerintahan Bersama dengan Dunia Usaha, dan Pemerintahan Bersama dengan Akademisi.

“Jadi ketiga pilar ini harus bersinergi dan berkolaborasi dengan baik karena kami sangat sadar bahwa tidak ada keberhasilan, dan tugas yang diamanatkan kepada kami ini kalau kami kerja sendiri,” ujarnya.

Pemkab Kukar, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran manajemen perusahaan perkebunan besar swasta kelapa sawit. Yang sudah menunjukkan kinerja, menunjukkan komitmennya sesuai dengan amanat peraturan perundang undangan. Karena investasi ini yang selalu menjadi prioritas oleh pemerintah. Pemerintah terus mempromosikan potensi-potensi yang ada di wilayah beberapa daerah.

“Kukar dan terus berupaya menjaga Investasi yang ada walaupun dengan ruang yang terbatas. Tetapi pemkab Kukar tetap mempromosikan potensi- potensi yang ada di Kukar sehingga infestasi kita terus berkembang dan terus meingkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan Kukar Muhammad Taufik dalam laporannya, mengatakan kegiatan ini dihadiri 28 perusahaan perkebunan yang aktif dari 50 yang beroperasi di wilayah Kukar.

Dengan mengusung tema “Meningkatkan Kolaborasi dan Sinergi Dalam Mendukung Program Kukar Idaman Menuju Masyarakat Kukar yang Sejahtera dan Berbahagia”.

“Dan tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi dan tindak lanjut dari kegiatan eksekutive sebelumnya, membangun dan meningkatkan kolaborasi dan sinergi, meningkatkan kinerja dan pengelolaan perusahaan perkebunan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang standar teknis. 

Kemudian, mensukseskan program Kukar Idaman melalui kontribusi khususnya pengentasan kemiskinan, penanggulangan stanting, pengelolaan administrasi serta pengembangan pertanian berbasis kawasan di 5 kecamatan yang telah di tetapkan,” ujar Taufik yang juga Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar.

Turut hadir mendampingi Bupati Kukar tersebut, Plt Asisten II Wiyono, Dirut Bankaltimtara M. Yamin, Pimpinan Bankaltimtara Kukar Yuni, Ketua Kadin Kukar Aulia, Kadis Ketahanan Pangan Kukar Sutikno, dan kepala perwakilan OPD serta para pejabat Administator dan Pengawas dilingkup pemkab Kukar. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar