Bupati Kukar Edi Damansyah Resmikan Pamsimas di Muara Kaman

Muhammad Akbar | Rabu, 17 Nov 2021 12:00 WITA
Bupati Kukar Edi Damansyah Resmikan Pamsimas di Muara Kaman Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap keberadaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap keberadaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, hal tersebut disampaikannya saat meresmikan bangunan Pamsimas Desa Muara Sira, Kecamatan Muara Kaman, Rabu (17/11/21).

"Pemkab Kukar sangat serius dalam menanggulangi masalah air bersih, ini merupakan bagian dari program dedikasi Kukar Idaman untuk penyediaan air bersih desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ucap Edi Damansyah.

Guna mengoptimalkan keberadaan Pamsimas, pengelolaannya akan diserahkan kepada pihak desa (red- BUMDes).

"Jadi kenapa BUMDes yang disuruh mengelola, karena BUMDes ini perusahaan desa yang dimilik desa, kami mengarahkan dikelola oleh BUMDes ini karena prinsipnya usaha air bersih yang dikelola oleh pemerintah tersebut bukan untuk mencari keuntungan," ujar Edi Damansyah.

Berkaitan dengan biaya tarif bulanan yang akan dibebankan kepada pelanggan, dirinya telah berpesan kepada pengelola yang ditunjuk nantinya oleh desa agar dalam menetapkan tarif harus berada dibawah tarif normal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Makanya saya selalu berpesan kepada setiap pengelolaan Pamsimas yang saya datangi agar dalam menetapkan tarif harus berada dibawah tarif PDAM karena ini skalanya kecil," ucap Edi Damansyah.

Sementara itu, berkaitan dengan belum seluruhnya masyarakat bisa menikmati pelayanan dari keberadaan Pamsimas yang baru saja diresmikannya tersebut, Edi Damansyah meminta kepada kepala desa untuk segera mendata apa saja yang menjadi kebutuhan dari peningkatan kapasitas produksi dari Pamsimas tersebut, sehingga kedepan pelayanan air bersih kepada seluruh masyarakat yang berada di Desa Muara Siran bisa terwujud.

"Nanti dihitung, kalo nanti hitungannya ada, nanti kita selesaikan di tahun 2022 yang akan datang, supaya peningkatan kapasitas Pamsimas ini bisa memberikan pelayanan satu desa ini kira-kira begitu," ujar Edi Damansyah.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan keberadaan Pamsimas tersebut merupakan program strategis Kukar Idaman dalam penyediaan air bersih untuk desa, dirinya berharap program tersebut kedepan bisa bermanfaat dan berguna khususnya dalam memberikan pelayanan air bersih kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Desa Muara Siran Kecamatan Muara Kaman. (adv)


Tinggalkan Komentar