Bupati Resmikan Bank Sampah Muara Ritan, Harap Konsisten Dalam Pengelolaannya

Muhammad Rusli | Selasa, 05 Des 2023 12:00 WITA
Bupati Resmikan Bank Sampah Muara Ritan, Harap Konsisten Dalam Pengelolaannya Peresmian Bank Sampah Desa Muara Ritan Kecamatan Tabang

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap para pengelola Bank Sampah Muara Ritan bisa konsisten dalam pelaksanaan pengelolaannya, hal tersebut disampaikannya saat meresmikan Bank Sampah Desa Muara Ritan Kecamatan Tabang, Senin (4/12/2023).

Edi Damansyah mengapresiasi Kades Muara Ritan mau mengurusi urusan sampah yang ada di desanya, karena menurutnya sangat jarang ada kades yang mau mengurusi hal tersebut.

Ditambahkannya, dirinya berharap Kades Muara Ritan bersama para pengelola Bank Sampah Desa Muara Ritan untuk konsisten dalam pelaksanaannya karena menurutnya apa yang telah dilaksanakan tersebut merupakan salah satu ekonomi sekuler (ekonomi hijau -red).

“Saya sampaikan apresiasi, saya kira ini luar biasa. saya berharap konsisten saja pak (Kades Muara Ritan-red), bapak beruntung ada PT Bayan Group sebagai mitra nanti juga akan kami support dari Pemerintah Kabupaten,” ucap Edi Damansyah.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap kedepan agar kesadaran masyarakat terkait lingkungan khususnya permasalahan sampah bisa terus disosialisasikan, karena menurutnya sampah juga memiliki nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.

Diakhir sambutannya, Edi Damansyah mengatakan akan memberikan insentif kepada desa-desa yang telah konsistensi dalam pengelolaan sampahnya melalui dana Bantuan Khusus Kepada Desa (BKKD) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, guna memotivasi setiap desa untuk serius dan konsisten dalam pengelolaan sampah yang ada di setiap desanya masing-masing. 

Sekedar informasi, kegiatan peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita tersebut turut dihadiri diantaranya Camat Tabang Rakhmadani Hidayat, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Tabang, serta perwakilan dari jajaran PT Tiwa Abadi (Bayan Group), serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar. (adv)


Tinggalkan Komentar