Disnakertrans Kukar Mengadakan Pelatihan Kerajinan Alat Musik Tradisional dan Ukir

Muhammad Akbar | Senin, 30 Nov 2020 12:00 WITA
Disnakertrans Kukar Mengadakan Pelatihan Kerajinan Alat Musik Tradisional dan Ukir Ikhwan Soleh Nasution Kepala Seksi Pembinaan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK) Disnakertrans Kutai Kartanegara (Kukar)

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan bersama kelompok Ardilaras sebagai pengrajin alat musik tradisional dan seni ukir.

Kelompok Ardilaras yang beralokasi di kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong, merupakan salah satu pengrajin alat musik dan ukir, yang sudah mendapatkan kerjasama oleh Disnakertrans Kukar, dalam rangka program Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

Adapun peserta kegiatan pelatihan kerajinan alat musik tradisional dan ukir, hanya melibatkan warga sekitar, terutamanya dari kaum ibu – ibu rumah tangga, serta sebagian mahasiswa dan pelajar.

Menurut Ikhwan Soleh Nasution Kepala Seksi Pembinaan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK) Disnakertrans Kutai Kartanegara (Kukar) Ikhwan Soleh Nasution, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk membangun kemandirian peserta dalam pembuatan alat musik tradisional dan mungukir.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan ekonomi masyarakat, terutama kepada warga yang kurang mampu dan yang masih menganggur serta korban PHK,”katanya Ihkwan. Ditempat pelatihan tersebut, Senin (30/11/2020).

Lanjut kemudian ketua kelompok pengrajin alat musik dan ukir, Sopian mengatakan pemerintah melalui Disnakertrans Kukar, sudah memberikan mempercayakan terhadap pihaknya untuk bekerjasama membuka pelatihan untuk pembuatan alat musik tradisional dan ukir.

“Kami bersyukur atas bantuan Disnakertrans, tidak hanya memberikan kepercayaan untuk melakukan pelatihan, namun Disnakertrans juga sudah memberikan kami bantuan berupa peralatan pelatihan,”ungkap Sopian, Ketua kelompok pengrajin alat musik tradisional di Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong. (adv)


Tinggalkan Komentar