Gelar Istighosah Kubro dan Maulid Nabi Muhammad 1445 H di Desa Mulawarman

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 17 Okt 2023 12:00 WITA
Gelar Istighosah Kubro dan Maulid Nabi Muhammad 1445 H di Desa Mulawarman Acara Gelaran Istighosah Kubro di Desa Mulawarman Kecamatan, Tenggarong Seberang

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Gelaran Istighosah Kubro di Desa Mulawarman Kecamatan, Tenggarong Seberang, dibanjiri ratusan warga, yang digelar oleh Pemdes Mulawarman, pada Minggu kemarin.  

Kepala Desa Mulawarman, H Mulyono mengatakan, kegiatan ini dirangkai dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 Hijriyah, sekaligus Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Mulawarman ke-42 Tahun 2023.  

Dalam agenda ini diundang penceramah dari Pemalang Jawa Tengah, Ustadzah Quatus Sobaroh SQ-Al Hafidzah. Dalam ceramahnya, ia mengajak untuk selalu bersyukur, berzikir, patuh dan taat kepada suami, menjalankan suri tauladan Nabi Muhammad SAW dan banyak membaca Shalawat Nabi. Sehingga, kehidupan rumah tangga kita selalu aman, tentram, terjaga dari mara bahaya.  

Turut hadir KH Abdul Hanan Rois Syuriah Pengurus Cabang NU sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kukar, MWC NU Tenggarong Seberang K H Sudiyanto Nur Habib (Kyai Muda NU), keluarga besar Fatayat NU Tenggarong Seberang, tokoh agama dan masyarakat serta sejumlah undangan lainnya. 

Bupati Kukar diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemdes Mulawarman dan keluarga besar NU Kecamatan Tenggarong Seberang.  

Kegiatan istighosah adalah permintaan pertolongan yang dilakukan secara berjamaah, diawali dengan permohonan ampun kepada Allah SWT dengan tujuan agar diberikan keselamatan, kebaikan, serta kemudahan atas segala permasalahan yang terjadi dalam kehidupan ini. Dan yang lebih penting melalui kegiatan ini dapat menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati, mendatangkan kegembiraan dan ketenteraman di dalam hati, dan melapangkan rezeki.  

“Serta menumbuhkan perasaan bahwa diri ini merasa selalu diawasi oleh Allah SWT, sehingga mampu mendorong setiap jiwa untuk selalu berbuat kebaikan dan kebajikan di bumi Kukar tercinta ini. Kita wajib besyukur kepada Allah SWT, dan pemerintah daerah akan selalu hadir di setiap kegiatan keagamaan, ini merupakan bentuk komitmen untuk menjadikan Kabupaten Kukar yang religi dan agamis. Inilah bentuk realita atas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ujarnya. 

Pemkab Kukar merasa berbahagia dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Mulawarman yang turut serta menyukseskan acara ini. Kegiatan semacam ini dapat dimaknai sebagai momentum untuk silaturahim bagi kaum muslimin dan membina keharmonisan antar sesama warga di Tenggarong Seberang. 

"Melalui kegiatan ini sejenak marilah kita merenung, bermuhasabah, mengintrospeksi diri setiap perbuatan yang kita lakukan sehari-hari. Barangkali, karena kealpaan kita dalam menjalani kehidupan, kita terlupakan terdapat sedikit perkataan ataupun tindakan yang telah menjadi penyebab Allah SWT memberikan ujian-Nya kepada kita semua," katanya.  

“Jangan pernah lupa setiap saat kita harus memohon ampun kepada Allah SWT, beristigfar setiap saat, agar semua kesalahan yang kita lakukan baik sengaja maupun tidak diampuni oleh Allah SWT,” ujarnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar