Maslianawati Edi Damansyah Dilantik Sebagai Ketua Umum YJI Cabang Kukar

Muhammad Akbar | Senin, 09 Okt 2023 12:00 WITA
Maslianawati Edi Damansyah Dilantik Sebagai Ketua Umum YJI Cabang Kukar Pelantikan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kukar Periode 2023-2028.

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Maslianawati Edi Damansyah resmi dilantik sebagai Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2023-2028. 

Penandatangan berita acara pelantikan dan serah terima bendera petaka jantung sehat juga sudah dilakukan, oleh Ketua pengurus Jantung Sehat Provinsi Kaltim H Zainuddin Fanani kepada Maslianawati di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Sabtu (7/10/2023).   

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah, Forkopimda Kukar, kadis instansi terkait dan jajaran pengurus YJI provinsi Kaltim, beserta jajaran pengurus YJI Kukar. 

H Zainudin Fanani dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua dan pengurus YJI Cabang Kukar. Ia mengucapkan terima kasih kepada para pengurus yang lama atas pengabdiannya selama ini. Ia berharap, dengan dilantiknya kepengurusan yang baru ini semakin banyak klub-klub jantung sehat, klub jantung remaja dan klub jantung lansia di Kukar.  

Menurutnya, hal ini sangat diperlukan jajaran pengurus provinsi, karena di sini letak upaya preventif itu dimulai. Di kota mungkin jumlahnya lebih banyak, tapi di kelurahan dan desa perlu dibangun. Sehingga nanti seluruh desa, kelurahan, kecamatan di Kukar bisa berkembang.  

Semakin banyak klub-klub jantung sehat, semakin baik yayasan jantung cabang untuk melakukan usaha-usaha. Program yang dilakukan YJI adalah usaha promotif melakukan penyuluhan, edukasi dan kampanye untuk membangun kesadaran masyarakat agar bisa menjadi sehat dengan berbagai kegiatan. 

Kemudian, bersifat preventif atau pencegahan, biasanya terhadap fisik, seperti olahraga, jalan santai, naik sepeda atau wisata raga ke pantai atau gunung, sambil berwisata bisa membangun fisik lebih kuat. Selanjutnya kuratif (medis) seperti operasi jantung, dan terakhir adalah rehabilitasi, yaitu usaha pemulihan pasca operasi.

“Dari empat program ini, dua di antaranya jarang dilakukan, yaitu kuratif dan rehabilitasi. Karena di awal YJI adalah memberikan pelayanan kuratif kepada anak-anak yang terserang jantung bawaan, jadi melayani anak-anak bukan dewasa atau orang tua. YJI Provinsi Kaltim juga telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Harapan Kita dan RSU AW Syahrani Samarinda dalam penanganan penyakit jantung,” jelas H Zainuddin Fanani.

Adapun susunan pengurus YJI Kukar masa bakti 2023-2028 sebagai berikut, Penasehat Bupati Kutai Kartanegara, Forum Koordinasi Pimpinan daerah, Kepala Dinas Kesehatan Kukar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar, Direktur RSUD AM Parikesit Tenggarong, Ketua KONI Kukar, Ketua TP Pengerak PKK Kukar, Hj Dayang Syuakani HR, H Tursino, Ketua Bidang Dana Aji Ali Husni.  

Kemudian, Ketua Bidang Komunikasi Dr Aini, Ketua Bidang Preventif Encek Furaida, Ketua Bidang Medis dr Miftahul Afandi, Sekretaris Lilies Mardiana, Wakil Sekretaris Amini, Bendahara Dendy Irawan Fahriza. 

Kepengurusan ini juga dilengkapi dengan beberapa bidang, yaitu bidang dana, bidang komunikasi, bidang pengembangan edukasi dan informasi serta bidang program litbang. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar