Pemkab Kukar Dorong Perangkat Daerah Hasilkan Data Aktual dan Terverifikasi

Wahyu Retno | Senin, 30 Okt 2023 12:00 WITA
Pemkab Kukar Dorong Perangkat Daerah Hasilkan Data Aktual dan Terverifikasi Plt Asisten III Kukar, Dafip Haryanto

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Plt Asisten III Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto resmi membuka sosialisasi e-walidata, Senin (30/10/2023) di Hotel Harris Samarinda.

Sosialisasi yang digelar selama tiga hari ini memiliki agenda penting yang berkaitan dengan pengelolaan data dan verifikasi data statistik sektoral.

Ditemui seusai pembukaan acara sosialiasi, Plt Asisten III Kukar, Dafip Haryanto mengungkapkan, agenda sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kerja sama antara pemerintah pusat dan perangkat daerah terkait data.

"Sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada semua admin perangkat daerah terkait dengan data yang selalu diperbaharui dari pemerintah pusat," jelasnya.

Dafip juga menghimbau agar seluruh perangkat daerah memahami pentingnya data terkini dan akurat dalam pengambilan keputusan. 

Lebih lanjut, Dafip juga menjelaskan terkait verifikasi data untuk perangkat daerah, ia mengungkapkan, bahwa langkah ini merupakan lanjutan dari penyiapan data yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya, dalam acara Rakor Satu Data Indonesia yang dilaksanakan September lalu.

Dafip menekankan, bahwa data yang disiapkan oleh perangkat daerah harus sesuai dengan standar yang diberlakukan.

"Tujuan kegiatan hari ini salah satunya agar tidak salah dalam proses penyelenggataan satu datanya. Kemudian terintegrasi dalam sistem pemerintahan yang sudah ada," jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya peran perangkat daerah dalam mendukung sistem pemerintahan yang sudah ada dan memastikan bahwa data terintegrasi dengan baik.

"Dengan adanya pendampingan ini dan dihadirkannya narasumber sebagai pembina dapat saling melengkapi dan membantu perangkat daerah untuk menghasilkan data yang aktual dan terverifikasi dengan baik," tandasnya. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar