Percontohan Program Pondok Pangan Etam, Desa Rapak Lambur Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 19 Okt 2023 12:00 WITA
Percontohan Program Pondok Pangan Etam, Desa Rapak Lambur Kukar Percontohan Program Pondok Pangan Etam (PPE) dari Dinas Ketahanan Pangan, di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditetapkan menjadi salah satu lokasi pilot project atau lokasi percontohan program Pondok Pangan Etam (PPE) dari Dinas Ketahanan Pangan, di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong. 

Program tersebut adalah salah satu upaya dari Dinas Ketahanan Pangan dalam bagian program Rumah Besar Pemberantasan Kemiskinan (RBPK) yang dijalankan pemerintah daerah.

"Kami mendapat amanah membetuk kelompok tani PPE yang kami beri nama Sumber Pangan Lambur Idaman," kata Kepala Desa Rapak Lambur, M. Yusuf pada Rabu (18/10/2023).

Dipercaya menjadi salah satu lokasi pengembangan PPE bersama dua lokasi lainnya masing-masing di Kecamatan Loa Janan dan Samboja, Desa Rapak Lambur mendapat beberapa bantuan guna menunjang kegiatan dalam sektor pertanian. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah.

"Ada bantuan sarana produksi pertanian (saprodi), berupa rumah bibit, bibit, pupuk dan sebagainya. Sekaligus juga dengan pelatihan terkait cara menanam," bebernya.

Program PPE ini berfokus pada pengembangan usaha kelompok pertanian skala kecil. Misalnya beberapa usaha pertanian yang dilakukan oleh kelompok wanita tani (KWT), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dasa Wisma.

"Kami sangat berterima kasih karena sudah dipilih menjadi salah satu lokus program PPE. Ini sangat bermanfaat bagi warga kami dari KWT, PKK maupun ibu rumah tangga. Kami siap melaksanakannya dan berharap ini bisa berkesinambungan kedepannya," tutupnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar