Tahun 2024 Dishub Kukar Menambah 2 Unit Bus Angkutan Pelajar

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 15 Mar 2024 12:00 WITA
Tahun 2024 Dishub Kukar Menambah 2 Unit Bus Angkutan Pelajar Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar Lakukan Pengadaan 2 Unit Bus Angkutan Pelajar di 2024

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Dalam rangka meningkatkan akses dan keselamatan perjalanan pelajar ke sekolah. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengagendakan pengadaan 2 unit bus angkutan pelajar di 2024.

Pada 2023, Pemkab Kukar telah mengalokasikan anggaran untuk 6 unit bus angkutan pelajar yang didistribusikan di wilayah-wilayah yang membutuhkan, seperti Kelurahan Loa Tebu, Desa Rapak Lambur, Desa Sungai Payang, Kecamatan Kembang Janggut, Kota Bangun, dan Muara Badak.

“5 unit angkutan pelajar dengan kapasitas sedang atau 30 kursi dan 1 unit kapasitas 19 kursi,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Ahmad Junaidi, Kamis (14/3/2024).

Tahun ini, Dishub Kukar akan menambah 2 unit bus angkutan pelajar. Kapasitas bus masih belum ditentukan dan menunggu arahan dari Bupati terkait penganggaran dan penempatannya.

Junaidi menambahkan, Bupati Kukar akan menerima masukan dan aspirasi dari masyarakat terkait penyalurannya, baik secara tertulis maupun lisan. Kemudian Dishub akan melakukan survei untuk menentukan daerah tersebut layak mendapatkan bus pelajar atau tidak.
Sebab ada beberapa kriteria yang dipenuhi, di antaranya jumlah penumpang atau pelajar harus memenuhi, jalur rute angkutan pelajar hingga operasionalnya setiap bulannya.

“Ketika kami sudah memberikan masukan bahwa ini layak, biasanya Bupati menindaklanjuti untuk bisa melakukan penyerahan unit,” tutupnya. (adv/Kominfokukar)


Tinggalkan Komentar