Apel Penataran Bela Negara Di Halaman Mokodim 0912 Kubar Di Ikuti 70 Personil

Muhammad Rusli | Senin, 28 Jun 2021 12:00 WITA
Apel Penataran Bela Negara Di Halaman Mokodim 0912 Kubar Di Ikuti 70 Personil Dandim 0912 Kubar, Letkol Inf.Anang Sofyan Effendi saat melakukan pengecekan peserta apel upaca penataran bela negara didepan halaman Makodim 0912 Kubar.

gerakanaktualnews.com, Sendawar -Komando Distrik Meliter (Kodim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar)tadi pagi telah menggelar apel penataran kader bela negara dalam wilayah Kodam VI/MLW Tahun 2021 dengan tema"Wujudkan Binter TNI AD Adaptif Melalui Penataran Bela Negara Guna Membentuk Generasi Muda Yang Tangguh Dan Berkerakter" kegiatan tersebut di helat dihalaman depan Makodim 0912 Kubar,jalan.Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok.Senin,(28/6/2021). 

Pada apel tersebut di pimpin langsung oleh Dandim 0912 Kubar,Letkol Inf.Anang Sofyan Effendi,di hadiri Kepala Kesbangpol,Suwito,perwakilan Polres Kubar,pelajar siswa siswi dari MAN Melak,SMKN 2 Melak,SMAN Linggang Bigung. Adapun jumlah peserta apel gabungan tersebut sekira 70 orang. 

Dalam sambutannya,Dandim 0912 Kubar, Letkol Inf.Anang Sofyan Effendy mengatakan, bahwa pada hari ini kita melaksanakan upacara penataran kader bela negara dalam rangka membangun watak generasi muda agar memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan generasi penerus yang mengerti, menghayati dan menunaikan kewajibannya dalam upaya bela Negara.

"Selain itu giat ini juga bertujuan membangun rasa setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara yang baik secara pisikis maupun fisik,”ujarnya. 

Lebih lanjut Anang, bahwa kegiatan pada hari ini, diikuti oleh pelajar setingkat SLTA di dalam wilayah Kodam VI/Mlw tahun 2021, selain kegiatan apel juga mengikuti materi, diskusi dan praktek seperti keterampilan bela negara yakni melalui outbound Peraturan Baris-Berbaris(PBB), caraka malam dan api unggun.

“Kita melihat perkembangan arus globalisasi saat ini menimbulkan pengaruh budaya negatif yang dapat menimbulkan berbagai bentuk ancaman yang semakin kompleks dan sulit diprediksi, seperti bahaya narkoba, pergaulan seks bebas, pengaruh paham radikalisme, pengaruh budaya negatif yang berasal dari luar, membuat semakin lunturnya nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, Maka perlu adanya upaya menumbuhkan nilai-nilai cinta tanah air, setia kepada pancasila, semangat pantang menyerah dan gigih dalam meraih cita-cita,”pungkasnya. 

Kegiatan penataran ini, membentuk dan membina generasi muda agar memiliki kepribadian berakhlak mulia, disiplin terampil dan berjiwa ksatria dan cinta tanah air. Sesuai dengan tema kegiatan penataran kali ini yaitu wujudkan pembinaan teritorial TNI angkatan darat yang adaptif, melalui Penataran kader bela negara guna membentuk generasi muda yang tangguh dan berkarakter. (ical)


Tinggalkan Komentar