Malam Ramah Tamah Peserta Latsitarda Nusantara Disambut Bupati Kukar

Muhammad Akbar | Selasa, 07 Mei 2024 12:00 WITA
Malam Ramah Tamah Peserta Latsitarda Nusantara Disambut Bupati Kukar Pelatihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-XLI (44)

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyambut peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-XLI (44), dalam jamuan makan malam bersama, di Halaman Kantor Bupati Kukar, Senin (6/5/2024). Mereka juga dihibur dengan tarian selamat datang khas Dayak.

Peserta Latsitarda yang berjumlah 385 orang ini akan disebar di empat Kecamatan di Kukar yaitu Tenggarong, Tenggarong Seberang, Muara Kaman dan Loa Kulu. Adapun tema kegiatan ini yaitu “Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kaltim Maju dan Unggul”.

Bupati Edi mengucapkan Selamat Datang kepada seluruh peserta Latsitarda Nusantara ke-44 tahun 2024 di Bumi Tuah Himba, Kukar.

“Kami merasa terhormat dan berbangga diri atas kepercayaan yang diberikan, sebab menjadi salah satu lokasi Latsitarda,” ujarnya.

Edi menyampaikan gambaran umum Kukar dengan Luas Wilayah 27.263,10 Km2, terdiri dari 20 Kecamatan, 193 Desa 44 Kelurahan, dengan jumlah penduduk 753.862 Jiwa.

Kukar sebagai miniatur Indonesia, beragam kultur, adat istiadat, dan tradisi berkembang di wilayah ini dengan Suku Kutai dan Dayak sebagai induk pemilik budaya asli daerahnya.

Selanjutnya Edi mengatakan bahwa kegiatan para peserta Latsitarda tak terlepas dari ruang lingkup kegiatan Karya Bhakti TNI di Kukar, yakni berkaitan dengan pengembangan infrastruktur pertanian.
Diharapkan keberadaan Latsitarda ini bisa memberikan catatan khusus kepada Pemkab Kukar, untuk berkontribusi dalam pembangunan Kukar Idaman.

“Harapan saya kegiatan para taruna ini terukur dan terencana dengan baik, dan kami berikan support di lokasi yang menjadi titik lokasi Karya Bhakti TNI,” ujarnya.

Ia percaya bahwa para peserta Latsitarda adalah putera-puteri terbaik, tangguh dan cerdas, serta siap untuk membangun bangsa dan negara.

Oleh karenanya, sikap disiplin, taat aturan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika perlu dikomitmeni selama melaksanakan pelatihan kurang lebih satu bulan lamanya.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar hingga kembali ke kampus dan bisa bisa berhasil lulus dengan baik,” harapnya.

Selanjutnya kepada OPD dan Camat terkait agar mensupport kegiatan ini, sampaikan kepada Kades agar dapat berpartisipasi dengan baik. Kegiatan ini juga bertepatan dengan momentum Bulan Bhakti Gotong Royong, jadi bisa disesuaikan sehingga keberadaan Latsitarda bisa berjalan baik di Kukar.

Kepada Pangdam VI/Mulawarman, Kapolda Kaltim, Dandim 0906/Kukar, Polres Kukar, dan pihak-pihak terkait, Edi menyampaikan terima kasih atas kesediaan dan kepercayaannya dalam memilih Kukar sebagai salah satu tempat pelaksanaan Latsitarda Nusantara ke-44 ini.

Untuk diketahui Latsitarda dilaksanakan sebagai upaya memperkuat integrasi antara Taruna Akademi Militer (AKMIL) dan Akademi Kepolisian (AKPOL) Tingkat V menjelang akhir pendidikan, termasuk Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) , Praja IPDN, dan Kadet UNHAN.

Tujuan utamanya adalah memperkuat dan memantapkan jiwa integrasi bersama rakyat, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat guna menyongsong tugas di masa yang akan datang.

Khususnya kepada Taruna TNI/POLRI, sebagai alat utama pertahanan negara, tentunya harus terbiasa beradaptasi bersama masyarakat, terlibat aktif di tengah masyarakat, dan harus hadir bersama-sama masyarakat dalam mengentaskan problematika kemasyarakatan.

Hadir pada acara itu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar, Sekretaris Daerah dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kukar. DPP Danyontar Wreda Akmil Letkol Kav M. Nashir, dan sejumlah Pamen Pendukung, para Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, Pimpinan Ormas dan Organisasi Kepemudaan. (Adv/Prokomkukar).


Tinggalkan Komentar