Pelatihan Tekhnis Potensi SAR Pada Air

Muhammad Akbar | Senin, 21 Mar 2022 12:00 WITA
Pelatihan Tekhnis Potensi SAR Pada Air Foto; Pembukaan Pelatihan tekhnis potensi SAR di air yang di buka secara resmi oleh Walikota Samarinda Dr. H. Andi Harun

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Pembukaan Pelatihan tekhnis potensi SAR di air yang di buka secara resmi oleh Walikota Samarinda Dr. H. Andi Harun, di Hotel Midtown Jl. Hasan Basri No. 58 Kota Samarinda, adapun penyelenggara dan pelaksana pelatihan tersebut Kepala BASARNAS Kaltim-Kaltara yakni Melkianus Kotta, Senin (21/03/2022).

Program BASARNAS yang akan dilakukan untuk kota Samarinda adalah Pertolongan di air, kegiatan pelatihan termasuk program BASARNAS sendiri, jumlah peserta yang telah bergabung yaitu 50 orang.

"Ini kegiatan program kami selang 1 tahun itu ada 4 kali, yang pertama kami laksanakan di Kota Samarinda yaitu kegiatan Pertolongan Di Air, yang akan di rencanakan kegiatan ini berlangsung selama sekitar 6 hari, dan nanti di rencanakan dikelas maupun di lapangan, total peserta itu sesuai dengan kapasitas mengingat situasi Covid, jadi 50 orang dari instasi potensi SAR Baik TNI, POLRI, PEMDA, Swasta, dan organisasi potensi SAR yang ada di Samarinda ini." Ujar Melkianus.

Lanjut Melkianus, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya se-Kaltim, BASARNAS tiap tahunnya kebanyakan melaporkan tentang kecelakaan jalur air.

"Dari segala operasi yang kami laksanakan selama ini itu kecelakaan di air, jadi laporan setiap tahun yang kami laporkan ke pusat itu kecelakaan air Kurang lebih 90% kami tangani, dan yang terbesar yaitu di kota samarinda untuk balikpapan dan daerah yang lain hanya 1-2%, untuk itu dengan adanya pelatihan ini bertujuan meningkatkan sumber daya yang ada di samarinda ini baik di Kukar dan sekitarnya, dan untuk tahun depan kita akan lakukan pelatihan di kutai timur dan di kota-kota sekaltim."

"Harapan kami semoga adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pengatahuan baik secara Skill maupun pengalaman nanti pada saat penanganan operasi SAR terutamanya pada Kecelakaan Air," Harap Melkianus. (Adv)


Tinggalkan Komentar