RAPBD Balikpapan 2023 Rp3,4 Triliun Disepakati DPRD Balikpapan Bersama Pemkot

Usman | Selasa, 29 Nov 2022 12:00 WITA
RAPBD Balikpapan 2023 Rp3,4 Triliun Disepakati DPRD Balikpapan Bersama Pemkot -

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyepakati Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Balikpapan 2023 senilai Rp3,4 triliun.

Ini dipastikan saat DPRD bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar Rapat Paripurna pendapat akhir fraksi atas jawaban Wali Kota Balikpapan di Ballroom Hotel Platinum, Selasa (29/11/2022).

Sekretaris DPRD Balikpapan, Irfan Taufik merincikan pendapatan daerah Kota Balikpapan 2023, yaitu senilai Rp3,4 triliun dengan belanja daerah senilai Rp3,5 triliun dengan defisit Rp134 miliar.
   
“Adapun untuk penerimaan senilai Rp177 miliar dan pengeluaran senilai Rp43 miliar, sehingga jumlah pembiayaan netto senilai Rp134 miliar dengan sisa anggaran nihil,” ucapnya.

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh mengaku APBD 2023 mengalami kenaikan dan banyak faktor yang menyebabkan naiknya anggaran.

"Faktor naiknya itu ialah DAK, bantuan keuangan, dana kurang salur, dana bagi hasil pusat dan bantuan provinsi, itu semua terpenuhi sehingga diakomodasikan. Jadi ada kenaikan," kata Abdulloh.

Setelah kesepakatan bersama, ia menekankan dalam waktu tujuh hari kerja harus segera dikirim ke gubernur untuk menjadi evaluasi.

Jika ada evaluasi dari gubernur, nanti akan dirapatkan lagi antara TAPD dan Banggar DPRD Balikpapan. (adv)


Tinggalkan Komentar