Strategi Percepat Penyerapan Anggaran DPMD Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 23 Apr 2024 12:00 WITA
Strategi Percepat Penyerapan Anggaran DPMD Kukar Kepala DPMD Kukar Arianto

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Langkah strategis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengambil untuk mempercepat penyerapan anggaran dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas program pembangunan tingkat desa.

Langkah-langkah ini diambil sebagai upaya konkret dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia guna mendukung pembangunan di Kukar.

Meskipun dihadapkan dengan kendala teknis. Hingga April 2024, penyerapan anggaran DPMD Kukar mencapai Rp10 miliar dari total anggaran sebesar Rp26 miliar.

Kepala DPMD Kukar Arianto, mengakui bahwa proses penyesuaian Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan pengukuhan pejabat baru telah menjadi penghambat.

“Kami sedang berupaya menyelesaikan kendala teknis ini,” ujar Arianto, kepada awak media, Sabtu (20/4/2024).

Sebagai respons terhadap situasi ini, DPMD Kukar telah mengambil langkah penyesuaian proposal pengadaan sarana prasarana desa dan program Data Desa Presisi.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat mempercepat penyerapan anggaran. Dengan rencana yang telah disusun, Arianto optimis bahwa penyerapan anggaran akan mengalami peningkatan signifikan.

“Kami menargetkan semua dokumen akan siap akhir April, sehingga realisasi fisik dan pembayaran selesai pada Bulan Mei,” tutupnya. (adv/Kominfokukar)


Tinggalkan Komentar