RAPBD Balikpapan Naik Menjadi Rp3,7 Triliun

Usman | Kamis, 24 Nov 2022 12:00 WITA
RAPBD Balikpapan Naik Menjadi Rp3,7 Triliun -

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Gelar Rapat Paripurna dengan agenda tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023 Kota Balikpapan.

Diketahui bahwa dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023 Kota Balikpapan, sedikit mengalami kenaikan Rp874 miliar menjadi Rp3,7 triliun.

Ini disampaikan Wakil Ketua I DPRD Balikpapan, Budiono usai memimpin Rapat Paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi terhadap nota penjelasan Wali Kota Balikpapan tentang RAPBD 2023 beberapa waktu lalu.

Ia mengaku kenaikan APBD tersebut berdasarkan surat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

"Semula APBD kita Rp2,7 triliun. Tapi dengan adanya surat itu, ternyata kita mendapat dana tambahan dari kurang salur dan bagi hasil sekitar Rp874 miliar. Akhirnya APBD kita menjadi Rp3,7 triliun," kata Budiono usai pimpin rapat di Ruang Rapat Gabungan, Kamis (24/11/2022).

Terkait pandangan fraksi, ia pun memaklumi dan wajar menyampaikan pandangannya, karena fokus utamanya kepada nota penjelasan Wali Kota Balikpapan perihal perubahan RAPBD tersebut. 

"Artinya ke depan semakin banyak kegiatan. Kalau tadi fraksi-fraksi menyoroti tentang multiyears dan seragam sekolah, ya nggak apa-apa. Mudah-mudahan dengan APBD 2023 bisa terealisasi," ucapnya.

Begitu pun demikian, kata Budiono, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud akan lebih fokus ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Tentunya di tahun ketiga di masa Pak Rahmad pastinya lebih fokus ke RPJMD karena ada anggaran yang besar," tuturnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar