100 Hektar Tak Ada Aliran Irigasinya, Sebut Muhammad Samsun

Wahyu Retno | Senin, 30 Okt 2023 12:00 WITA
100 Hektar Tak Ada Aliran Irigasinya, Sebut Muhammad Samsun Wakil DPRD Kaltim Muhammad Samsun Saat Reses di Kukar

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur, Muhammad Samsun mengadakan Reses Masa Sidang III tahun 2023 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kemarin lalu.

Dari kunjungan resesnya itu. Ia melihat 100 hektar lahan pertanian yang dianggap tidak bisa digarap, akibat tidak adanya irigasi saluran irigasi yang mengalir, hal tersebut menjadi perhatian hangat bagi Muhammad Samsun. 

Kawasan pertanian yang tidak bernilai ekonomis itu letaknya di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Menurut Samsun, dia mengetahuinya setelah bertemu dengan masyarakat di daerah pemilihannya (Dapil), yaitu di Jalan Houling Asta Minindo KM 6 GG Usaha Tani, RT 12 Kecamatan Loa Kulu.

“Ada lahan pertanian sekitar 100 hektar yang belum tergarap maksimal karena tidak ada irigasi. Ini yang menjadi permintaan masyarakat,” ungkap Samsun kepada wartawan.

Dalam pertemuan dengan wakil rakyat tersebut, masyarakat mengungkapkan berbagai masalah yang mereka hadapi, terutama di sektor pertanian. Salah satu masalah utama itu adalah kurangnya irigasi dan juga pupuk untuk menggarap lahan pertanian yang luas.

Menurut Samsun, ada dua kelompok tani (Poktan) yang menyampaikan aspirasi mereka, salah satunya adalah Poktan Parahyangan. Walaupun tidak ada irigasi memadai, tapi Samsun menyaksikan sendiri lokasi pertanian mereka dan melihat potensi yang besar, seperti alpukat dan jambu kristal.

Samsun berjanji akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut dengan serius. Ia akan berusaha untuk merealisasikan bantuan pupuk, pembangunan irigasi, sarana dan prasarana pertanian, serta peningkatan jalan usaha tani. (adv/dprdkaltim).


Tinggalkan Komentar