Agiel Suwarno Dorong Pemprov Gencarkan Bantuan Kepada Perkebunan Rakyat

Wahyu Retno | Minggu, 29 Okt 2023 12:00 WITA
Agiel Suwarno Dorong Pemprov Gencarkan Bantuan Kepada Perkebunan Rakyat Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Agiel Suwarno, dorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim gencar berikan bantuan kepada perkebunan rakyat. Mengingat, bahwa selama ini yang kerap mendapatkan bantuan hanya perusahaan perkebunan besar.

Agiel membeberkan, bahwa setiap tahunnya Pemprov Kaltim menganggarkan bantuan perkebunan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim untuk menjalankan program tersebut.

"Sayangnya dari alokasi anggaran yang ada sangat minim diperuntukkan kepda pelaku perkebunan rakyat," ungkapnya.

Untuk itu, Agiel berharap agar Pemprov dapat membefikan perhatiannya terhadap perkebunan rakyat.

"Setiap tahun memang pasti dianggarjan, tapi untuk perkebunan rakyat harus ditingkatkan lagi anggarannya," tukas Agiel.

Lebih lanjut, Agiel mengungkap, terkait anggaran untuk perkebunan rakyat tidak maksimal karena terkendala beberapa faktor.

"Salah satunya terkait status lahan Area Pengelolaan Lain (APL). Sementara perkebunan masyarakat masih dengan status kawasan hutan, bahkan Hak Guna Usaha (HGU) milik perusahaan. Sehingga dengan status itu memberikan dampak terhadap proses program  pemerintah," jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga mendesak agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat melakukan pencermatan status lahan dari perkebunan masyarakat.

"Jika masih ditemukan perkebunan dengan status diluar APL, maka harus segera dikeluarkan dari status sebelumnya," tandasnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar