Anggota Komisi II DPRD Kaltim Soroti Potensi Sungai Karang Mumus untuk Tingkatkan PAD

Wahyu Retno | Selasa, 14 Nov 2023 12:00 WITA
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Soroti Potensi Sungai Karang Mumus untuk Tingkatkan PAD Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Siti Rizky Amalia

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA —  Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Siti Rizky Amalia, menyampaikan perhatiannya terhadap permasalahan klasik dan potensi ekonomi yang terdapat di Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda.

Rizky berpendapat bahwa jika seluruh potensi di kawasan SKM dikelola dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, dapat dijamin akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Memanfaatkan aliran sungai juga dapat menjadi langkah untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar, seperti yang sudah banyak dilakukan di luar negeri," jelasnya kepada media.

Ia menyoroti masalah kebersihan sebagai perhatian serius yang harus difokuskan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemerintah Kota Samarinda. Ia mengusulkan pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Samarinda yang terkait dengan kebersihan sebagai langkah preventif.

"Masalah seperti ini harus dicegah dengan membuat Raperda Samarinda yang berhubungan dengan itu," tegasnya.

Dalam upaya mencapai kebersihan aliran SKM, Rizky menyampaikan bahwa pemerintah dapat menyediakan sarana pendukung, seperti tempat sampah di sepanjang tepi aliran SKM, untuk mencegah masyarakat membuang sampah ke sungai.

"Kesadaran masyarakat di sini sangat penting. Ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga kolaborasi yang perlu dibangun," ujarnya.

Perlu dicatat bahwa penataan kawasan SKM menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Samarinda, sementara Pemerintah Provinsi Kaltim memiliki peran dalam normalisasi. Saat ini, beberapa titik normalisasi telah dilakukan sebagai upaya mengurangi sedimen di sungai dan mengantisipasi potensi banjir. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar