Asisten II Buka Secara Resmi MTQ ke-11 Tingkat Kecamatan Tenggarong Jahab

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 02 Mei 2024 12:00 WITA
Asisten II Buka Secara Resmi MTQ ke-11 Tingkat Kecamatan Tenggarong Jahab Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tenggarong ke-11 yang digelar di Kelurahan Jahab

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Ajang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tenggarong ke-11 yang digelar di Kelurahan Jahab resmi dibuka oleh Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadiannur Diani, yang dipusatkan di lapangan bola PT Budi Duta Argo, pada Rabu kemarin.

“MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Tenggarong dengan ini dinyatakan dibuka secara resmi. Selamat ber-Musabaqah, junjung tinggi sportivitas dan akhlakul karimah,“ ucap Ahyani. 

Sebelum peresmian pembukaan di malam hari, pelaksanaan MTQ telah diawali dengan pawai oleh 230 kafilah dari 12 kelurahan dan dua desa. Pawai MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Tenggarong ini juga berlangsung dengan sukses. 

Ahyani dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Tenggarong ini adalah ajang seleksi bagi duta-duta Al-Quran dari Kecamatan Tenggarong.

Sebagaimana diketahui, MTQ tingkat kecamatan sejatinya upaya untuk menyaring semua potensi SDM di bidang seni baca dan pengetahuan Al-Quran. Baik itu qari/qariah, hafiz/hafizah, mufasir/mufasirah, khattat, serta para peserta Syarhil-Quran, Fahmil-Quran, dan Makalah Al-Quran.

Ahyani juga berpesan agar semua pihak yang bertanggung jawab menyiapkan MTQ untuk senantiasa meningkatkan kualitas, agar sesuai dengan hasil yang diharapkan. Peningkatan kualitas ini meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), seperti peserta, official, panitia, dewan hakim, dan lain-lain).

Kemudian, kualitas penyelenggaraan, seperti tempat, waktu, dana serta kualitas hasilnya, yaitu dengan terseleksinya peserta MTQ terbaik dari seluruh kafilah. 

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya perlu mendorong agar kita terus menggelorakan semangat pembinaan dan pendidikan Al-Quran yang bermutu bagi masyarakat di Kukar,” tuturnya. 

Selain itu, pelaksanaan MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Tenggarong ini menjadi orientasi bagi para seluruh kafilah untuk menyongsong pelaksanaan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kukar 2024, yang akan dilaksanakan Kecamatan Samboja Barat. 

“Jadikan ini ajang pemanasan guna menyongsong kompetisi yang lebih tinggi, agar ke depannya kalian semua mampu mengharumkan nama kafilah masing-masing dengan prestasi yang gemilang,” tutupnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar