DPRD Kaltim Komisi IV; Sertifikasi Keahlian Sangat Prioritas di Era Industri 4.0

Muhammad Rusli | Senin, 26 Okt 2020 12:00 WITA
DPRD Kaltim Komisi IV; Sertifikasi Keahlian Sangat Prioritas di Era Industri 4.0 Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub mengatakan bahwa, pendidikan adalah aset terbaik untuk masa depan, jadi perlu ada persiapan matang agar hasil yang didapatkan juga maksimal khususnya bagi para siswa sekolah yang ke depannya akan menghadapi persaingan hebat di dunia kerja dan industri.

Menurut Rusman Ya’qub, sejauh ini di bidang pendidikan memang tengah memprioritaskan peningkatan sarana dan prasarana, misalnya pendidikan di Kaltim terbagi ke dalam beberapa kategori, baru mulai dibangun, diperbaiki dan ada juga memang harus diganti dan terutama untuk satuan pendidikan vokasi.

“Saya selalu sampaikan bahwa ke depan, orientasi pendidikan vokasi itu harus dilakukan pengkajian ulang atau reorientasi, agar kita bisa menyesuaikan dengan segmentasi dan kebutuhan pasar industri,”kata Rusman Yaqub, usai pimpin rapat itu pada hari Senin (26/10/2020).

Lanjut dia bahwa Ke depan Kaltim tidak bisa sekadar memberikan Ijazah kelulusan kepada siswa-siswi yang berasal dari sekolah vokasi. Sebab di masa depan, dunia industri justru membutuhkan sertifikasi keahlian, karena menurutnya sertifikasi keahlian lebih diutamakan daripada Ijazah di pasar Industri.

Apalagi persaingan semakin ketat dan jumlah pencari kerja yang diprediksi semakin tinggi, ditambah semua industri kedepannya menggunakan program digitalisasi.

“Sekarang kan kita sudah masuk yang namanya era 4.0 Semua serba digital, komputerisasi, dan serba otomatis, maka hal itu anak-anak kita ini harus dibekali sertifikasi keahlian sebagai modal untuk masa depan di era industri dijitalisasi 4.0.” tambahnya Rusman Yaqub. (adv)


Tinggalkan Komentar