DPRD Kaltim Susun Rencana Sosialisasikan Perda ke Sejumlah Daerah

Muhammad Rusli | Jumat, 26 Feb 2021 12:00 WITA
DPRD Kaltim Susun Rencana Sosialisasikan Perda ke Sejumlah Daerah Muhammad Samsun Wakil ketua DPRD provinsi Kalimantan Timur.

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Muhammad Samsun Wakil ketua DPRD provinsi Kalimantan Timur, mengatakan dalam rangka maksimalisasi tujuan dari adanya suatu aturan maka dinilai perlu untuk melakukan sosialisasi sejumlah peraturan daerah provinsi Kaltim.

Menurut Ia bahwa, peraturan daerah tidak akan berjalan baik apabila objek maupun pelaksana Perda tidak memahami betul isi dan kandungan pada setiap Bab dan pasal di dalamnya. Hal ini rentan menyabkan sebuah Perda hanya menjadi lembaran produk hukum yang normatif yang pada akhirnya tidak berjalan.

“Program sudah disusun, Maret sudah berjalan. Jadi nanti DPRD Kaltim bersama pemerintah melalui dinas terkait akan melakukan sosialisasi Perda di seluruh kabupaten/kota se Kaltim yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi Perda nantinya akan melibatkan masyarakat dan tetap menerapkan protokol kesehetan. Pasalnya, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui apa saja Perda yang dimiliki Kaltim terlebih dalam waktu tiga tahun terakhir.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada jajaran Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa maupun kepada masyarakat serta berbagai pihak yang terkait lainnya, agar dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan ketentuan dalam Perda,” tuturnya. (adv)


Tinggalkan Komentar