Jahidin Soroti Pemicu Kebakaran Hutan di Kaltim

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Jahidin Soroti Pemicu Kebakaran Hutan di Kaltim Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin

gerakanaktualnews.com, Samarinda — Memasuki puncak kekeringan membuat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sering terjadi, khususnya di Kalimantan Timur (Kaltim).

Anggota Komisi I Jahidin mengatakan, penyebab kebakaran hutan tidak hanya terjadi karena pengaruh kemarau.

Namun, juga terkadang disebabkan oleh unsur kesengajaan masyarakat yang memang usil ataupun atas kelalaian sendiri.

Menurut Jahidin, pengamanan terhadap masyarakat penyebab kebakaran hutan, baik atas kelalaian maupun adanya unsur kesengajaan, sudah sesuai prosedur Undang-Undang yang menangani.

"Memang prosedur Undang-Undangnya seperti itu. Ancaman pidananya sudah pasti lebih dari 5 tahun dan itu bisa menjadi efek jera bagi mereka yang sembrono," ujarnya, Jum'at (6/10/2023).

Namun, Jahidin menyebutkan, penyebab kebakaran hutan di Kaltim tidak hanya disebabkan oleh manusia.

Tetapi juga karena pengaruh lahan dan batu bara, apalagi di kondisi kekeringan saat ini.

"Tidak semua kebakaran hutan di Kaltim disebabkan oleh masyarakat, terkadang juga pemicunya karena pengaruh batu bara. Sehingga, api itu tumbuh sendiri dari pengaruh panas tersebut," jelas Jahidin.

Adanya penangkapan dari aparat penegak hukum terhadap pelanggar, menurut Jahidin telah memenuhi syarat dan sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan.

Lebih lanjut, Jahidin juga menyoroti peran dari Dinas Kehutanan untuk melakukan pengawasan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Pencerahan sosialisasi kepada masyarakat itu perlu, karena tidak semua masyarakat paham. Jadi kita perlu untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mereka," tutupnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar